Melanjutkan sekolah ataukah melanjutkan profesi orang tua

Melanjutkan sekolah ataukah melanjutkan profesi orang tua
Kebanyakan orang desa di kampoang ku berprofesi sebagai petani dan kebanyakan tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi setelah lulus SD. kenapa ya mereka tidak melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi? karena mereka biasanya setelah lulus SD langsung terjun ke sawah untuk membantu orang tua mereka membajak sawah, nyari rumput di ladang boat ternak-ternak kami berupa sapi dan kambing. tugas kami orang desa biasanya nyari rumput trus ngasih rumput-rumput itu kepada hewan ternak kami masing-masing…

Mereka hanya lah kumpulan para petani yang masih berjuang untuk ngisi perut mereka sendiri, mereka berpikir tidak ada gunanya sekolah tinggi-tinggi toh para pegawai dah banyak apalagi sawah-sawah banyak yang harus diolah lagian biayanya juga tinggi…dan lain-lain. begituwpun juga dengan diriku mencari rumput untuk ngasih makan ternak ku, bahkan pada saat itu ku berpikir bahwa aku merasa lebih seneng jadi pencari rumput di sawah dengan berbagai macam rumput. kami biasa nyabit rumput 2 kali dalam sehari..aku menikmati pekerjaan sebagai petani..tidak perlu mikir dan bersusah payah untuk belajar

Sekolah kami lumayan bagus dibandingkan dengan rumah-rumah kami yang masih terbuat dari Kayu-kayu dan bambu-bambu yang disusun dengan rapi… tapi pada saat kami kelas 2, sekolah kami ada kelas yang roboh, sehingga kelas 2 terpaksa harus masuk agak siang menunggu kelas 1 selesai belajar dulu, aktivitas itu kami lakukan lumayan lama sampai kelas yang roboh selesai dibangun.. setelah 6 tahun mengenyam pendidikan di sekolah tercinta kami, guru kami mengumpulkan kami dalam satu kelas yang dengan suasana hening dan sepi…tiba-tiba guru IPA kami mengagetkan kami dengan mengucapkan Guru : apa-apa cita kalian???
Suasana hening dan sepi karena kami bingung mau jawab apa?(mungkin mereka tidak bingung dengan cita-cita mereka tapi bingung bagaimana mereka dapat mewujudkan cita-cita itu sendiri..). akhirnya ada seorang anak yang bertanya kepada guru itu
anak : Pak kalo pengin jadi guru kayak bapak gimana ya Sekolahnya?
Guru : Kalian Harus Lanjutin Sekolah kalo mau jadi guru…trus Melanjutkan Pertanyaan yang lain “siapakah diantara Kalian yang ingin melanjutkan Pendidikan ke Kota (SMP), coba acungkan tangannya”?
akhirnya diantara 30 anak yang ada dikelas itu ada 2 anak yang mengacungkan tanganya dengan ragu…
kenapa kah mereka berani-beraninya melanjutkan sekolah ke kota yang menurut pemikiran orang desa orang kota tuh pinter-pinter dan kaya!!!…apakah orang tua mereka yang mengacungkan tangan itu adalah seorang tuan tanah kah sampai-sampai mau ngelanjutin sekolah ke Kota??? atau seorang anak pegawai yang biasa pakek baju bagus kalo bekerja? ternyata dan ternyata yang mengacungkan tangan tidak berbeda dengan yang lain dalam hal profesi, yang membedakan antara hanyalah semangat dan kenekatan mereka untuk melanjutkan sekolah….

9 thoughts on “Melanjutkan sekolah ataukah melanjutkan profesi orang tua

    • ya neh masih harus belajar nulis baek n bener sesuai dengan tata bahasa yang baek pula…boleh lah sharing ke aq gimana caranya nulis yang mantab…thank ya boat sarannya

    • emang begituwlah keadaan kampung saat itu…mereka banyak yang tidak melanjutkan sekolah karena ngak punyak duit bos kerjanya hanya petani jagung…makan aj susah…hehe..ngak tahu bisa mirip laskar pelangi tp emang seperti ituwlah…tebak aj sapa salah satunya heheh…

  1. salam kenal..keren tulisannya..mirip dg kondisi di desaku masa aq masih SD..sampai sekarang pun kesadaran pendidikan di desaku masih sangat kurang..kebanyakan ank mudanya susah di atur..

    • salam kenal juga mbak wiwin…ya begitu lah keadaan desaku skitar 2o tahun lalu waktu aku masih kecil tp sekarang dikampung sudah banyak yg bisa melanjutkan sekolah….walau ngak semuanya….sekarangpun masih ada ke sekolah ngak pake sepatu sebagaimana layaknya sekolah2 modern hehe…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s