Pelabuhan Bangsal, pelabuhan penyeberangan ke tiga Gili (Tour de Gili Meno 1)

Sungai Pelabuhan Bangsal

Sungai Pelabuhan Bangsal

Gili Meno termasuk dari tiga Gili yang ada di Kabupaten Lombok Utara, NTB. Pulau ini diapit oleh Gili Trawangan dan Gili Air. Pulau ini juga merupakan yang terkecil diantara tiga pulau. Untuk memudahkkan, Penyebutan  Tiga Gili sering disingkat menjadi TraMenA (Trawangan, Meno, dan Air).

Transportasi pergi ketiga Gili ini harus ditempuh dengan jalur darat dan laut. Bagi yang berasal dari Mataram bisa melalui pelabuhan penyeberangan Bangsal. Pelabuhan Bangsal bisa ditempuh dengan roda dua atau roda empat. Sudah ada transportasi bus dari mataram ke pelabuhan Bangsal. Waktu tempuh perjalanan dari  Mataram ke Pelabuhan Bangsal  kira-kira 45 menit. Pelabuhan Bangsal ini juga bisa ditempuh lewat jalur pesisir pantai Senggigi atau jalur Perbukitan Pusuk.

Bagi yang membawa mobil atau motor sendiri Jangan khawatir tidak ada tempat parkir. di sini sudah ada parkir khusus. Bagi yang nginap atau ngak. Tempat parkirnya representatif kug. Saya jadi ingat 3 tahun lalu saat hendak pergi ke Gili Trawangan. Saat itu, saya dan rombongan parkir mobil di rumah penduduk karena di sini belum ada parkir khusus.

Suasana pelabuhan penyeberangan cukup ramai. Mungkin karena sekarang masih Liburan sekolah sehingga banyak yang berlibur. Cidomo (alat angkut yang menggunakan kuda) banyak berseliweran disini.

Tiket penyeberangan ke Gili Meno 11.500 rupiah per orang. Tapi bagi rombongan yang pengin carter ke gili Meno, Anda harus merogoh kocek 540.000 rupiah Pulang Pergi. Tiket penyeberangan ke Gili Trawangan hampir sama dengan yang ke Gili Meno. Carter ke Gili Trawangan, anda harus merogok kocek sebesar 600.000 rupiah pulang pergi.

Saat tahun 2010, saya dan rombongan juga pernah mau nyeberang ke Gili Trawangan. Kami tiba di pelabuhan Bangsal jam 18.00. karena perahu penyeberangan sudah tidak ada, otomatis kami harus mencarter perahu ke Gili Trawangan. Batas Jadwal perahu penyeberangan ke Gili Trawangan jam 5 Wita. Jadi jika tiba setelah jam 5, siap-siap untuk mencarter perahu.

perahu di pelabuhan Bangsal

perahu-perahu di pelabuhan Bangsal

Ada banyak perahu di pelabuhan Bangsal. Terutama Perahu tujuan Gili Trawangan. hilir mudik pulang pergi. Memang, perahu dengan tujuan ke Gili Trawangan begitu banyak. Apalagi masa-masa liburan sekolah. Gili Trawangan lebih terkenal dibandingkan dengan dua gili lainnya. Bahkan dibandingkan gili lainnya di pulau lombok ini atau pulau lombok itu sendiri.

Wisatawan dengan tujuan gili Meno harus menunggu sampai kapalnya penuh. Termasuk rombongan saya harus menunggu di pelabuhan.

Dari pelabuhan ini, kami bisa melihat dua gili yaitu Gili Air dan Gili Meno. Sedangkan Gili Trawangan berada di balik Gili Meno.

“Bagi yang memegang tiket warna Kuning tujuan ke Gili Trawangan, silahkan naik ke Perahu XXX”. Begitu lah pengumuman dari petugas pelabuhan. “Untuk perahu tujuan Gili Meno kurang enam orang lagi”.

sela-sela Menunggu ke Gili Meno

sela-sela Menunggu ke Gili Meno

Dilihat dari pengumuman petugas pelabuhan itu, bisa dibandingkan wisatawan yang ke gili Meno dan ke gili Trawangan. Saya tidak tau satu berapa perbandingan perahu yang berangkat antara satu perahu ke gili Meno dengan Gili Trawangan. Satu Vs Tiga atau empat atau lima bahkan sepuluh.hahaha… ntar itung sendiri aja kalau ke pelabuhan Bangsal ya.

Sudah 30 menit berlalu. Kepastian keberangkatan perahu yang akan berangkat ke Gili Meno juga belum saya dapatkan. saya pun coba berkeliling di sekitar pelabuhan Bangsal.  Berjalan menyusuri pantai sebelah kiri. Saya mendapati sungai yang bermuara langsung ke laut. Aliran airnya begitu tenang. Sebagian sungai itu tertutup oleh bayangan bangunan. Warna bayangannya ke biru-biruan. Di bagian pingggir sungainya ada dua pohon kelapa.

Pelabuhan Bangsal

Pelabuhan Bangsal

Di sekitar muara sungai ini terdapat banyak perahu yang parkir di sini, hanya Satu ada yang dipinggir pantai. Cuaca begitu cerah sehingga saya bisa melihat Gunung Agung Bali. Selesai melihat sungai dan sekitarnya, saya pun balik arah menuju petugas tiket.

“Penyeberangan dari Gili Meno ke Gili Trawangan bisa menggunakan Island Hopping mas, kata petugas itu. terasa weird saat mendengar Island Hopping itu. saya pun masih bertanya lagi apa itu island Hopping? dan jam berapa jadwalnya?.

“Island Hopping itu angkutan perahu dari Gili Meno ke Gili Trawangan. Jadwal ke Gili Trawangan jam 8.00 pagi dan jam 15.20 sore, Tiketnya bisa dibeli di gili Meno imbuhnya”.  Saya pun segera menuju ke rombongan. Takutnya sudah ditunggu.

Benar dugaan saya, ternyata perahu tujuan Gili Meno sudah dipersilahkan naik perahu.  Setelah satu jam menunggu, kami pun siap berangkat ke Gili Meno. (Cad/Bersambung)

19 thoughts on “Pelabuhan Bangsal, pelabuhan penyeberangan ke tiga Gili (Tour de Gili Meno 1)

    • yaaaaaa ne gurunya sih nyontohin kluyuran dan disini tujuan kluyurannya dekat-dekat dan bagus plus sering rombongan deh..mas bek mau nanya apakah Resolusi kamera bisa diatur sendiri soale punyaku kug berubah. kadang 72 dpi, kadang 350 dpi. ma kasih

  1. Misi, mau nanya lagi😀 Kalo kapal yang nyebrang ke Gili Meno/Air apakah sampai jm5 sore juga? Saya ada rencana ke 3 Gili, tetapi maunya tidak ke Gili Trawangan dulu🙂 Makasih🙂

    • oh yaaa tempat penitipannya aman dan profesional mas. ada lokasi parkir khusus. saya kurang tahu berapa kalo parkir mobil sehari semalam. kalau motor 4 ribu mungkin kalao mobil sekitar 10 ampe 20 ribu mas.

  2. Mas.. mau tanya.. untuk panorama bawah laut yg paling bagus di gili mana ??
    Saya rencana dr Padang Bai bali langsung ke gili air (walaupun belum ketemu fastboat nya karena rata-rata tujuannya adalah gili trawangan). Dr Gili air ke gili trawangan naik island hopping.
    Lebih baik nginap di gili air atau trawangan ?? View dan harga lebih bagus mana ??
    Thanks yo….

    • tergantung mau yang rame atau ngak…kalau mau yang rame bisa nginep di Gili Trawangan tapi kalo mau yang sepi bisa di Gili Meno… di 3 gili itu punya keunikan masing-masing. Gili Meno terkenal dengan ikannya yang banyak dan variatif dan di meno juga ada kura-kuranya… pokoe meno terkenal romantisnya….kalau trawangan terkenal keramaiannya…banyak buleny disana.. kalau mau snorkling ke tiga gili. ada kapal or perahu yang khusus untuk tour snorkling. harganya 100 ribu untuk 3 gili. di Gili juga enak kalau mau nginep disana…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s