Yuk inti Gili Trawangan, Pulau eksotis di Lombok

Sendiri Ku di sini at Sunset Point

Sendiri Ku di sini at Sunset Point

Dah lama saya menganggurkan jari saya untuk menuliskan perjalanan ke Gili Trawangan sebelum bulan puasa.  Nah waktunya sekarang lanjutin tulisan saya hari kedua di Gili Trawangan.

Mari Bersepeda

Mari Bersepeda

Saat Fajar sudah menyingsing. Saat sebagian orang menembus kegelapan menuju peraduan ilahi. Saat dentuman live music tak terdengar lagi. semburat cahaya mulai keluar dari persembunyiannya.

Mari bersepeda mengelilingi Gili Trawangan

Mari bersepeda mengelilingi Gili Trawangan

Ku kayuh sepeda menembus suasana pagi bersama istri tercinta di kampung bule. bule-bule sudah lelah setelah semalaman live music. Suasana Gili Trawangan yang penuh hiruk pikuk nampak sepi tak bertepi. Hanya seorang bule yang ku liat nampak bersemangat jogging. Di seberang sana, matahari terbit  dengan latar belakang gunung Rinjani nampak begitu jelas.

Sunrise dengan Latar Gunung Rinjani di Gili Trawangan

Sunrise dengan Latar Gunung Rinjani di Gili Trawangan

Di saat mentari sedang bersembunyi dibalik gunung rinjani. Nelayan sudah sibuk untuk melakukan aktivitasnya. Tak terkecuali saya dan istri tercinta mengayuh sepeda untuk mengejar matahari terbit. Di lokasi matahari terbit, beberapa sunrise hunter sudah menunggu. Kebanyakan sih anak-anak muda seperti saya. Saya dan istri pun ikut nimbrung untuk melihat sunrise point itu.

Capek Bersepeda Ngadem dulu Disni

Capek Bersepeda Ngadem dulu Disni

Benar-benar terasa indah bisa melihat matahari terbit dengan latar belakang gunung rinjani. Disana matahari masih terlihat malu-malu untuk menampakkannya. Nah sehabis nikmatin sunrise-nya, sekarang waktunya lanjutin perjalanan mengelilingi Gili Trawangan.

Memandangi pantai Gili Trawangan

Memandangi pantai Gili Trawangan

Eh saat hendak berangkat, saya liat seorang turis cewek yang sedang berlari di pinggir pantai. Berlari sambil mengelap keringat menggunakan handuk yang berada lehernya.

Saat Bersepda nemu Lapangan Voli Pantai. sayang belum ada yang maen

Saat Bersepda nemu Lapangan Voli Pantai. sayang belum ada yang maen

Tak terasa matahari  udah makin meninggi. Waktunya segera keliling gili trawangan. Olahraga sekaligus menikmati keindahan Gili Trawangan saat pagi hari.

terpaksa harus menuntun sepeda

terpaksa harus menuntun sepeda

Baru aja saya bersemangat untuk keliling pulau. Eh di depan saya ada bagian jalan yang tergerus ama ombak. Terpaksa dah saya dan istri mengangkat sepeda agar bisa nyebrang. Tantangan ternyata tidak hanya disitu saja. Saya dan istri terpaksa harus sering berhenti karena  jalan-jalannya berupa pasir. Saya sering ngotot untuk menembus jalan-jalan berpasir itu. tapi pasirnya terlalu kuat untuk ditembus dengan kayuhan sepedaku.

Salah satu Tempat yang cocok untuk sunbathing sambil bersantai baca buku

Salah satu Tempat yang cocok untuk sunbathing sambil bersantai baca buku

Jika pasirnya agak padat, saya naikin tuh sepeda. Tapi jika pasirnya ngak padat, ya terpaksa dah turun lagi. Mungkin tidak terhitung lagi berapa kali saya terpaksa menuntun sepeda. Sepanjang perjalanan mengelilingi pulau ini, mata saya seakan-akan dimanjakan oleh keindahannya.

Capek bersepeda jalan dulu eh salipan ma Gubernur NTB Zainul Majdi

Capek bersepeda jalan dulu eh salipan ma Gubernur NTB Zainul Majdi

Tidak hanya keindahan pantainya saja yang bisa saya nikmatin, tapi sekaligus bisa nikmatin hotel-hotel, cottage-cottage, penginapan-penginapan yang berada hampir mengelilingi pulau ini. wisatawan-wisatawan jepang sih biasanya menginap di penginapan yang bagian timur dari pulau ini. ya di sekitar tempat nyambut sunrise gituw.

Capek Bersepeda berhenti dulu di depan PondokSanti yang asri

Capek Bersepeda berhenti dulu di depan PondokSanti yang asri

La trus apa aja yang saya dapetin saat ngelilingin pulau ini. yaa tentunya keindahan yang ngak mungkin kita bisa nikmatin selain di pulau tanpa polusi ini, tanpa asap kendaraan bermotor. Tidak hanya itu, kita juga bisa melihat keunikan-keunikan dari berbagai penginapan itu. salah satunya yang unik adalah penginapan yang tempat bersantainya tersusun dari kayu-kayu alami yang langsung menghadap ke laut. Ntar biar lebih jelas liat fotonya aja yach..

private

Private Rest

Trus saat keliling gili trawangan, saya juga bisa melihat sapi-sapi yang cukup banyak. sapi-sapi itu dibiarkan bebas mencari rumput-rumput di pekarangan yang sudah disediakan. Pekarangan Sapi tersebut juga tepat berada di depan salah satu penginapan yang cukup asri. Pekarangan sapi ini berada di sisi barat gili trawangan.

Sapi-sapi yang dilepas bebas di Gili Trawangan

Sapi-sapi yang dilepas bebas di Gili Trawangan

Tak terasa juga kalau saya melihat dan menyapa Gubernur NTB, Zainul Majdi  dan wakilnya ikut bersepeda keliling pulau.Tak terasa sekitar 3 jam saya mengelilingi pulau ini. dan terasa juga kalo sudah berada di sunset point.

Sunbathing at Villa Ombak

Sunbathing at Villa Ombak

Akhirnya saya dan istri memutuskan untuk beristirahat sejenak sambil foto-foto. Karena saya ingin foto berdua, saya pun mau menggunakan timer. Eh saat saya mau naruh kamera di dudukannya dan siap men-shoot. Tiba-tiba Seorang bule pria yang sedang berlari mendekati saya dan langsung menawarkan bantuan “may I take photo for you”?. Saya pun mengiyakan tawaran sang bule baik hati itu dan tak lupa saya mengucapkan terima kasih. Eh ternyata sang bule masih menawarkan bantuan yang lain. aq jawab “Nothing, thank you”.

Hasil Jepretan bule ne. lumayan

Hasil Jepretan bule ne. lumayan

Di lokasi sunset point ini juga saya bertemu dengan sekelompok backpacker yang menginap menggunakan tenda. Saya pun coba mendekat dan menanyakan asal usulnya. Ada sekitar 6 orang. mereka adalah mahasiswa asal bandung yang melakukan pendakian ke Gunung Rinjani selama 3 hari. Hampir sekitar 4 jam saya mengelilingi pulau ini. mungkin kalau hanya niatnya hanya bersepeda keliling pulau sekitar 2 jam.

Background Villa Ombak

Background Villa Ombak

Untuk wisatawan yang ingin olahraga berkuda juga bisa. Di gili Trawangan juga menyediakan Horse Riding Adventures. Nah bagi yang suka snorkling atau diving. Gili Trawangan bisa menjadi salah satu alternatif terbaik. untuk snorkling disini banyak spot-spot yang berada tidak hanya gili trawangan tapi juga di dua gili lain yaitu gili Meno dan Gili Air. di Gili Trawangan ada fasilitas Snorkling with glass bottom boat dimana kita menyaksikan keindahan bawah laut mengelilingi 3 gili.

Santai dulu akhhhh di depan Villa Ombak

Santai dulu akhhhh di depan Villa Ombak

sewanya pun tidak terlalu mahal satu kapal (boat) berkisar 1 satu juta dengan kapasitas bisa enam orang. itu sudah termasuk dengan segala peralatan dan perlengkapan alat snorkling. tapi jika ingin yang lebih murah. anda bisa numpang kepada rombongan lain. hanya dengan membayar 100.000 anda sudah snorkling menjelajahi spot-spot di tiga gili.

antara Hidup dan Mati

antara Hidup dan Mati

la trus gimana yang untuk diving. untuk diving, Gili Trawangan banyak menyediakan fasilitas untuk diving. nah bagi yang belum pernah diving tapi pingin diving. anda akan dilatih terlebih dahulu. bahkan anda bisa dikeluarkan sertifikat divingnya.. gimana ayuk ke Gili Trawangan menikmati pulau yang eksotis ini.  tak terasa perjalanan saya di gili trawangan akan segera berakhir.

Capek bersepeda.. numpang istirahat dulu akh

Capek bersepeda.. numpang istirahat dulu akh

waktu sudah menunjukkan jam 11. saya harus segera ceck out dan meninggalkan Gili Trawangan dengan sejuta kenangan bersama istri tercinta. see u Gili Trawangan.

yang suka berkuda. ayo berkuda

yang suka berkuda. ayo berkuda

Turis-turis bersantai di bawah pohon

Turis-turis bersantai di bawah pohon

Follow twitter di @caderabdulpaker

Ikuti Tulisan saya di dua Gili lainnya di

1. https://caderabdul.wordpress.com/2013/07/24/yuk-intip-gili-trawangan-pulau-kampung-bule/

2. https://caderabdul.wordpress.com/2013/07/18/pulau-penyu-bernama-gili-meno/

3. https://caderabdul.wordpress.com/2013/12/07/snorkling-eh-nemu-penyu-cantik-di-gili-meno/

8 thoughts on “Yuk inti Gili Trawangan, Pulau eksotis di Lombok

  1. Pingback: Yuk intip Gili Trawangan, Pulau Kampung Bule (Hari Pertama di Gili Trawangan) | CATATAN CADERABDUL PACKER
  2. Pingback: Yuk intip Gili Trawangan, Pulau Kampung Bule | CATATAN CADERABDUL PACKER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s