Pesona Hidden heaven di pantai Sekotong (1)

sekotong

sekotong

Sudah pernah kah anda ke bagian barat Lombok?. Pernah kah mendengar desas desus di dunia maya bahwa ada pulau Indonesia yang akan dijual?. itulah Gili Nanggu di sekotong. Kali ini saya akan mengajak anda untuk menjelajahi pesisir sekotong dan pulau-pulau yang ada di sekitar sekotong, Lombok Barat.

Sekotong merupakan salah satu kecamatan yang ada di lombok barat. Untuk pergi ke sekotong, anda bisa menggunakan Mobil atau sepeda motor. Waktu yang dibutuhkan untuk pergi kesana sekitar 1.30 menit. Jarak Mataram Sekotong hanya sekitar 50 Km.

Bintang Laut di padang lamun sekotong

Bintang Laut di padang lamun sekotong

Sekotong menawarkan pemandangan alam yang indah dengan pasir putihnya. Setelah anda di sekitar sekotong anda bisa jalan-jalan sesuai dengan yang anda mau seperti ke teluk sepi atau pantai Bangko-bangko atau anda mau melihat pulau-pulau kecil yang ada ditengah laut. Di sekotong, Anda tidak hanya disuguhkan oleh keindahan pantainya saja. Tapi anda juga menyaksikan binatang-binatang laut atau hewan laut yang ada di pinggir pantai. Bahkan anda juga bisa melihat padang lamun   yang berada di pesisir pantainya.

Padang lamun yang ada di perairan sekotong berbeda dengan padang lamun yang pernah saya liat Selat Alas, yaitu selat antara pulau lombok dengan pulau sumbawa. Padang lamun yang ada di selat itu ada ditengah laut seperti yang saya jelaskan di tulisan saya sebelumnya. Padang lamun yang di sekotong ini berada di bagian pinggir pantainya. Sungguh asik perjalanan ini. Saya merasa tidak rugi merencanakan pergi ke sekotong beberapa hari sebelumnya.

Cacing Laut di pantai sekotong

Cacing Laut di pantai sekotong

Pantai Sekotong yang berada di Dusun Batu Kijuk, Desa Sekobar ini benar-benar tidak hanya menyajikan pantai yang indah dengan air yang jernih, dan pasir putih. Pantai sekotong juga banyak binatang laut.

Itu bisa saya saksikan Saat saya hendak turun dari kapal perahu yang saya naiki. Bintang-bintang laut yang indah bisa kami saksikan dari atas perahu kami. Mata saya seakan terpesona dengan banyaknya bintang laut di pesisir pantainya. Air yang begitu jernih seakan memamerkan keindahan bentuk dan warna tubuhnya dengan warna cerahnya. Benar-benar indah kawan. Saya berjalan lebih hati-hati takut menginjak bintang yang di sekeliling saya. Saya pun langsung mengambil salah satu dari bintang laut tersbut agar bisa melihatnya lebih jelas. Tubuhnya seperti bergerigi dan kasar. Mulutnya berada dibagian tengah bawah tubuhnya. Saat saya raba mulutnya, dia seakan-akan bergerak hendak menggigit. Untungnya bintang laut bukan termasuk binatang yang berbahaya.

Petugas perahunya menjelaskan bahwa di sini memang banyak bintang laut. Tidak jauh dari perahu kami, beberapa pemancing sedang memancing. Yang saya takutkan adalah pemancing tidak sengaja menginjak beberapa bintang laut tersebut. Seharusnya lokasi bintang laut ini dimasukkan ke dalam kawasan konservasi at least ada penjaganya agar bintang-bintang laut tetap terjaga. Sayang, seandainya pantai ini semakin ramai dikunjungi oleh orang-orang. orang-orang yang tidak bertanggung jawab mengambil sebagian bintang laut yang unik ini.

Bintang laut di dalam kejernihan air sekotong

Bintang laut di dalam kejernihan air sekotong

Saat sore hari air di sekotong mulai surut. Bintang laut-bintang laut ada yang biasanya ada di dalam air laut bisa jadi ada di pinggir laut seperti yang saya liat. Beberapa bintang laut itu berada di padang lamun.  tidak jauh dari bintang laut ada Cacing laut yang berkulit tipis. Saya coba mengambilnya kulit tubuhnya begitu sangat tipis, ringan dan lentur. Saya ibaratkan tubuhnya seperti labirin.

Jika anda sudah dihidangkan indahnya pantai sekotong dengan dengan pasir putih dan padang lamunnya, kejernihan air lautnya,  indahnya bintang laut, tipis dan lenturnya cacing laut. Maka jika anda sudah merasa capek, silahkan istirahat sambil menikmati hidangan ikan asap bakar dengan bumbu sambel pedasnya. Ada berbagai jenis ikan seperti ikan Kakap merah atau putih, ikan Baronang, dan ikan kerapu. Sekian perjalanan perjalanan saya ke sekotong. Ayok ke sekotong.  Ayo ikuti perjalanan saya ke Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Sudak dan Gili Kedis (cad/bersambung).

6 thoughts on “Pesona Hidden heaven di pantai Sekotong (1)

  1. Saya mau tanya, apa anda tau jenis2 lamun yang ada? Saya sedang mencari Enhalus, lamun yang paling panjang. Apakah ada di Sekotong?

    • waduhhhh maaf mas pharma,saya ngak tau tentang berbagai jenis lamun. malah saya baru tahu padang lamun itu banyak jenisnya..Mungkin kalo yg dimaksud lamun yang mirip seperti rumput ilalang, di sekotong ada. yang saya jumpai di sekotong itu padang lamun yang seperti rumput ilalang, bentuk memanjang dan tipis. terima kasih. mau penelitian kah?sekalian aku juga mau belajar tentang padang lamun dunk.

Leave a Reply

