Terumbu Karang Gili Layar yang aduhai (Tour de Gili Rengit dan Gili Layar)

Selamat Datang Di Gili Layar

Selamat Datang Di Gili Layar

Gili Layar, Pulau Terumbu Karang

Setelah Rombongan bermain-main cukup lama menikmati indahnya Gili Rengit. Kali ini Duta Here masih ingin mengajak kami, Tim Lombok Backpacker untuk mengarungi indahnya terumbu karang yang ada di Gili Layar. Jarak Gili Layar dengan Gili Rengit sangat berdekatan sehingga Gili Layar dapat terlihat dari Gili Rengit. Begitu juga sebaliknya, Gili Rengit dapat terlihat dari Gili Layar. Gili Rengit diapit oleh dua pulau yaitu Gili Rengit dan Gili Gede. Karena dikelilingi oleh dua pulau, Ombak di Gili Layar tidak sebesar ombak di Gili Layar.

pasirnya yang bergelombang semakin memperindah pantainya

pasirnya yang bergelombang semakin memperindah pantainya

Saat perahu rombongan kami semakin mendekat ke Gili Layar. Saya terpesona dengan keindahan bentuk dan warna air lautnya. Warna air lautnya mengikuti terumbu karangnya. Warna Laut yang banyak terumbu karangnya berwarna kehitaman dan berada agak ketengah. Sedangkan warna lautnya yang hijau biasanya berpasir dan berada di bagian pinggir. Pokoe Gili Layar cantik dah.

Keindahan Gili Layar semakin lengkap dipadu dengan hamparan pasir putih sepanjang pantainya. Pantai Gili Layar seakan-akan mengunjungi pulau private. Tak ada wisatawan lain selain rombongan kami, Tim Lombok Backpacker. Bahkan saya juga tidak menemukan Turis yang biasanya ada hampir di tiap pulau di Lombok.

inilah pantai Gili Layar

inilah pantai Gili Layar

Di bagian daratannya, ada beberapa sapi yang dilepas oleh pemiliknya. Saya pun berjalan ke pantai bagian barat pulau Gili Layar ini. saya melihat beberapa orang yang sedang duduk di Berunggak. Sepertinya itu adalah penduduk pulau ini. sedangkan beberapa orang lagi memancing ikan di pinggir laut dari Pantai Bagian Barat ini. pemancing itu diam berdiri membisu berendam di pinggir laut. Para pemancing itu seperti membiarkan pakaian basah di bagian pinggul ke bawah.

Gili Rengit terlihat dari Gili Layar

Gili Rengit terlihat dari Gili Layar

Saya pun mencoba mendekat ke pemancing itu. saya pun melangkah pelan-pelan karena banyak terumbu karang. Terumbu karang di Gili Layar memang begitu dangkal. Mungkin seukuran betis orang dewasa. Saya pun lebih berhati-hati agar ngak sampai nginjak terumbu karangnya. Saya melihat beberapa pemancing itu berdiri diantara terumbu karang tersebut. Sayang, kalau sampai para pemcancing itu nginjek-nginjek terumbu karang yang menjadi taman laut di pulau ini.

Nelayan sedang memancing diantara terumbu karang

Nelayan sedang memancing diantara terumbu karang

Kepuasan saya tidak cukup di situ, saya ingin menikmati keindahan taman laut di Gili layar ini. saya pun bergegas untuk memakai alat Snorkling. Mungkin saya tidak perlu berenang untuk snorkling di sini. Hanya dengan jalan kaki sambil nyelupin kepala. Udah deh. Kita bisa langsung liat tuh si terumbu karangnya.

Sapi-Sapi yang dilepas

Sapi-Sapi yang dilepas

Karena pengin lebih menikmati keindahan taman lautnya. Saya pun ingin berenang agak ke tengah lagi. benar-benar sajian begitu indah. I love Gili Layar. Its so beautifull. jika snorkling di Gili Rengit, kita akan diseret arus. Maka di sini, di Gili Layar ini ombak itu terhalang oleh Gili Gede. So snorklingnya nikmat kawan… Indonesia Indah Kawan. Lombok itu Indah. Tak terasa keindahan terumbu karangnya, ikan-ikan hiasnya seakan membuat kami lupa bahwa kami harus segera pulang. Yappp kita akan pulang meninggalkan semua keindahan selama perjalanan Kami ke dua Gili sekaligus. Yaitu Gili Rengit dan Gili Layar. terima kasih kawan-kawan Lombok Backpacker yang telah mengantarkan.

Pantai di sisi Selatan Gili Layar

Pantai di sisi Selatan Gili Layar

Ma kasih om Duta, yang memberikan alat penyewaan snorkling secara gratis. Thank kawan.Selamat Jalan buat Ayi dan Argo yang akan langsung balik ke kampung. Selamat jalan muhammad Risal dari Makassar.

Terumbu Karang Gili Layar. foto by Duta Here

Terumbu Karang Gili Layar. foto by Duta Here

Ceritakan lah keindahan Lombok ini kepada kawanmu. Selamat jalan juga buat Slamet Parmanto yang akan akan kembali ke Turki untuk melanjutkan Masternya. Kepada Slamet, ceritakan lah Liburan Summer mu dalam menikmati keindahan Lombok kepada kawan-kawanmu di Turki, kepada kawan-kawanmu di penjuru dunia. Kepada para Backapcker Lombok, kapan kita ketemu lagi. jalan-jalan lagi menikmati keindahan pulau Lombok. I Love you All.

Siap-siap meninggalkan Gili Layar

Siap-siap meninggalkan Gili Layar

berbaris di jembatan di jembatan Balai Budidaya Laut, Sekotong

berbaris di jembatan di jembatan Balai Budidaya Laut, Sekotong

10 thoughts on “Terumbu Karang Gili Layar yang aduhai (Tour de Gili Rengit dan Gili Layar)

  1. Permisi… tadi lagi nyari2 info soal Lombok nyasar kesini😀 Gili Layar sama Gili Ringit ini di Lombok bagian mana ya? Ada transportasi umum kah ke pelabuhan terdekat? Makasih info nya🙂

    • Selain Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno tak ada transportasi publik. so untuk Gili Kondo, Gili Nanggu or Gili Rengit dan layar tak ada transportasi Publik. so Mita harus sewa Perahu. rata-rata sewa perahu 250 – 300 ribu. biar murah sebaiknya cari rombongan aja. untuk ke Pelabuhan terdekat juga tak ada transportasi publik kecuali yang ke Gili Trawangan dkk. di sini pantai bagus-bagus tapi minim transportasi publik. yang ada hanya yang ke Gili Trawangan dkk.

      • oke lah sip lah kalau begitu….wahhh berarti udah lumayan banyak pengalamannya…sekalian mau ngasih Tip jalan-jalan di Lombok ne,,,halah sok soan ngasih Tips,,,kali aja berguna..mungkin yang pertama datang ke Lombok adalah kunjungan ke 3 gili itu…kalau sudah ke 3 Gili mungkin bisa nyoba ke pantai di pesisir selatan Lombok seperti Kuta, Mandalika, Seger Beach, Mawun, Selong Belanak, Tanjung Aan dan Batu payung. kalau udah selesai mungkin mau Pantai Pink. nah setelah mungkin mau nyoba ke Gili-Gili Lainnya di Lombok Barat seperti Gili Nanggu, Kedis dan Sudak then lanjut Ke Lombok Timur yaitu Gili Kondo, Gili Kapal, Gili Petagan, dan Gili Bidara. kalau mau lebih jelas silahkan browsing aja di Blog nama-nama lokasi tersebut…semangat menjelajah

      • Iya… makasih🙂 dulu taun 2010 pertama kali solo traveling y k lombok, overland pula dr Jakarta😀
        Cuma kali ini perginya b3, 1 temen blm pernah k Lombok, jd bbrp tmpt mo ngulang siy, rencana 3hr d Lombok, 2hr full mo muter2 d mainland, sarannya gimana?

      • tiga hari di Lombok berarti khusus untuk Gili Trawangan dan 2 Gili Lainyya pastinya butuh hampir 2 hari tuh…sehari lagi di daerah lombok tengah aja seperti Selong Belanak mawun, Kuta, Mandalika Seger dan Tanjung Aan.. semoga berguna dah

  2. Hi, saya mo ke Lombok nih April nanti. Saya rencana mo nyoba liat2 Gili di Barat Daya Lombok ini. Lokasi penyebrangan ke Gili Layar ini di mananya yah? Dan apakah ada penitipan mobil? Karena rencana main dari pagi ampe sore/malam. Lalu balik ke penginapan di sekitaran Kuta. Oia untuk pulau dengan private resort itu masih boleh dikunjungi oleh yg bukan customer resort nya gak yah? Trims.

    • Gili Layar ada di sekotong, lombok barat gan..di sana juga ada tempat penitipan mobil sebelum nyebrang ke berbagai pulau yang ada di lombok barat. salah satunya gili layar itu. untuk private resort yang mana yach…kalau gili nanggu boleh tuh….atau yang mana lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s