Air Terjun Benang Stokel Laksana dua pancuran, Air Terjun Benang Kelambu Laksana Kelambu

Air Terjun  Benang Stokel Laksana dua pancuran, Air Terjun  Benang Kelambu Laksana Kelambu

Air Tejun Benang Kelambu

Air Tejun Benang Kelambu

Saya mendengar bahwa di Lombok Tengah ada air terjun seperti kelambu. penasaran trus browsing.  set set set…. kecantikan Air Terjun Benang Kelambu langsung terpampang di layar laptop saya. set set set lagi……. saya langsung bikin rencana. saya langsung lemparkan keinginan saya ke beberapa teman koplakku, caderabdulpackers. ibarat gula ketemu semut. beberapa koplakers yang ku ajak langsung mengiyakan. akhirnya terkumpul enam orang yang siap touring ke Lombok Tengah.

sawah-sawah terhampar  luas saat menuju Benang Stokel

sawah-sawah terhampar luas saat menuju Benang Stokel

Jam 7.00 kami sudah siap meluncur  menempuh 40 Km menuju Air Terjun Benang Kelambu dan Benang Stokel.  sepeda pun kami laju dengan kecepatan sedang 80 km/jam.

Susana parkir

Susana parkir

kami melewati Taman Narmada yang dibangun oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem. di Pertengahan jalan, ada beberapa kawan ku yang juga pengin ikutan.  akhirnya, Rombongan bertambah menjadi 10 orang.

Air Terjun Benang Stokel dari Jauh

Air Terjun Benang Stokel dari Jauh

Air Terjun Benang Stokel dan Air Terjun Benang Kelambu masuk kawasan Desa Aik Berik, Dusun Pemotoh, kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah. Tiba di Pertigaan Pancor Dau. kami mengambil jalur ke arah Air Terjun Benang Stokel. tiba di Pasar Teratak, kami mengambil jalur kiri lagi. sedangkan kalo lurus terus menuju kawasan Desa Wisata.

jalan menuju benang stokel

jalan menuju benang stokel

setelah melewati Pasar Terarak inilah, jalan sudah mulai tidak bersahabat. beberapa jalan masih pengerasan.debunya terbang kemana. buru-buru saya merapatkan penutup helm. Jalan pengerasan sejauh 8 Km mulai dari pertigaan pasar Teratak, kata salah satu warga saat kami tanyai di pertigaan pasar tadi.

Jembatan menuju Stokel

Jembatan menuju Stokel

beberapa truk pengangkut material berseliweran di lokasi pengerasan jalan. bahkan perjalanan kami sempat terhenti oleh gundukan pasir yang menghalangi jalan. terutama bagi rombongan kami yang menggunakan mobil.

Air Tejun Benang Stokel

Air Tejun Benang Stokel

kami berhenti sejenak untuk menunggui teman kami yang terhalang oleh gundukan tanah urugan dan batu-batu. saya mendekati salah satu warga yang sedang menyaring pasir-pasir . kami hendak menanyakan Air Terjun Benang stokel. dari warga itu, kami bisa tau bahwa air terjun tak jauh lagi.

cauuuuuu… akhirnya teman kami ikut bergabung bersama kami. saat semua sudah terkumpul kami pun siap melanjutkan perjananan. ayo ayo kita berangkat lagi, kata salah satu dari temanku.

berpose dulu di Stokel

berpose dulu di Stokel

Sepanjang perjalanan menuju Air terjun Benang Stokel, kami bisa menikmati hamparan sawah-sawah hijau yang membentang luas tak bertepi. Gugusan gunung Rinjani yang kokohg menjulang tinggi menjemput langit. pohon-pohon kelapa yang melambai-lambai. dengan alunan musik dari bunyi kecoa. masjid masjid pun beramai-ramai dibangun. sepanjang perjalanan dari pasar Teratak, kami melihat lima masjid yang semuanya masih tahap pembangunan.

Dari Kejauhan Gapura Air Terjun Benang Kelambu. eh pas nyampe ke parkiran Air Terjun. Beberapa bus pariwisata sudah nangkring di parkiran. beberapa petugas langsung mendekati rombongan saya menawarkan bantuan jadi Guide. mungkin tampang kami kelihatan pendatang baru. kami pun langsung pasang tampang sok tahu. hehehe sorry pak Guide.

Lorong waktu

Lorong waktu

fasilitas di parkiran Air Terjun Benang Stokel sangat tidak memadai. bahkan kamar mandi pun tak terawat. airnya tak ada. padahal disini sumber air banyak, kenapa air di kamar mandi dan WC tak ada sama sekali. terpaksa kami harus menahan hasrat meluapkan emosi ngeden (baca pup) hehe.

Air Terjun Benang Stokel

perlu usaha lebih untuk menuju Kelambu

perlu usaha lebih untuk menuju Kelambu

kami pun ber 10 langsung cabut menuju Air Terjun Benang Stokel. jalan menuju Benang Stokel tidak mengalami hambatan bahkan jalannya pun lumayan bagus, berpaving. waktu  tempuhnya pun hanya sekitar 30 menit. kami ber 10 sudah di Lokasi Air Terjun Benang Stokel dengan tanpa ngos-ngosan. Lumayan ramai lokasinya. beberapa bis rombongan juga berkumpul disini.

Air Terjun Benang Stokel terdiri dari dua air terjun.  tinggi air terjunnya mungkin hanya sekitar 10 meter. airnya lumayan cukup deras. beberapa kawan saya termasuk saya cukup kecewa dengan Air Terjunnya. maklum saya dan andri sebelumnya mengetahui bahwa informasinya tinggi air terjunnya sekitar 30 meter. tak apalah, pikirku. setidaknya saya sudah mengunjungi tempat pemandian Dewi Anjani.

Temennya Air Terjun Benang Kelambu. ada di samping kiri Kelambu

Temennya Air Terjun Benang Kelambu. ada di samping kiri Kelambu

menurut dunia pewayangan eh Legenda maksudnya. Dewi Anjani dipercaya sebagai penunggu Gunung Rinjani. menurut Legenda sih tuh Dewi Anjani turun dari Gunung Rinjani pada waktu tertentu untuk mandi di air terjun benang stokel dan membersihkan rambutnya di sini. itulah sebabnya, sebagian penduduk disini percaya bahwa jika ingin awet muda bisa mandi di air terjun ini. Benang Stokel dalam bahasa sasak adalah segumpal benang karena bentuk air terjun benang stokel seperti menyerupai benang.

setelah selesai Benang Stokel kami pun siap melanjutkan perjalananan selanjutnya yaitu menjelajahi air terjun Benang Kelambu. Air Terjun Benang Kelambu lah yang membuat semangat kesini. saya pun ngasih ke teman2 bahwa kita akan lanjut ke Benang Kelambu. sekarang timbul masalah. dimana jalan ke arah air terjun tersebut. tanya sana sini… eh bener. ternyata jalan menuju air terjunnya harus melalui jalan setapak dan agak menanjak.

Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu yang dengan daun-daun hijau, menenangkan

Air Terjun Benang Kelambu yang dengan daun-daun hijau, menenangkan

saat setting kamera dalam keadaan slow speed saya tak sengaja memotret. eh malah hasilnya aneh sekaligus mengagumkan buat saya. hasil jepretan foto seperti Lorong waktu. benar-benar seperti Lorong waktu.. keren dah pokoknya.

Benang Kelambu dalam Bingkai

Benang Kelambu dalam Bingkai

kami pun terus lanjut jalan menuju lokasi air terjun yang ntah dimana. kami berjalan hanya berdasarkan firasat dan keyakinan. saat ketemu dua cabang pun, kami hanya menggunakan insting. jalan yang kami lalui lumayan parah dan susah. tak seperti jalan menuju ke Benang Stokel. berjalan sambil agak menjongkok. melewati aliran air sungai.

Benang Kelambu dalam Bingkai 2

Benang Kelambu dalam Bingkai 2

setelah menempuh hampir satu jam. kami akhirnya tiba di Air Terjun Benang Kelambu. semua rasa capek seakan tak terasa setelah indahnya air terjun benang kelambu. air terjun itu berbentuk seperti kelambu. alirannya tak terlalu deras sangat rata san tipis. subhanallah. keren banget ne air terjun.

duhhh ademnya liat beginian

duhhh ademnya liat beginian

di lokasi air terjun benang kelambu tidak hanya satu lokasi. bahkan hampir semua tebing-tebing yang ada di sekitar Benang Kelambu semuanya mengeluarkan air.  sehingga air terjun benar-benar merata. tak jauh dari lokasi air terjun utama, ada air terjun yang dijadikan untuk lokasi pre-wedding.

Benang Kelambu dari sisi kanan

Benang Kelambu dari sisi kanan

takjub sekaligus senang melihat air terjun yang bentuk seperti kelambu. sempat terlintas dalam pikiran untuk mandi disini. sayang, saya tidak membawa baju ganti. cukup puas saya melihat air terjun ini. amazing….ajibbb keren… ini hanya di Lombok.

Air Terjun Benang Kelambu emang seperti kelambu

Air Terjun Benang Kelambu emang seperti kelambu

setelah puas bermain-main dan menikmati air terjun. kami pun siap-siap beranjak pulang. jalan pulang yang akan kami tempuh berbeda dengan dengan jalur berangkat. sangat berbeda dan jauh berbeda. kalau jalur berangkat sampai membuat kita ngos-ngosan. maka jalur pulangnya sangat menyenangkan. bahkan sambil berlari pun bisa. bahkan kalau tidak mau capek sebaiknya langsung membawa sepeda motor sampai ke Air Terjun Benang Kelambu. mungkin hanya sekitar setengah jam perjalanan kami dari Air Terjun Benang Kelambu ke lokasi parkir.

Aliran air Terjun Benang Kelambu

Aliran air Terjun Benang Kelambu

Kami pun beristirahat sejenak sebelum pulang. berleha-leha sambil ngobrol dengan salah satu warga di sinil. dari hasil obrolan itulah, saya baru tahu bahwa di sekitar  aik berik ini ada sekitar tujuh air terjun. sedangkan rombongan kami baru selesai dua air terjun. masih ada 5 air terjun lagi yang belum tuntas. mungkin di lain waktu kami bisa mengunjunginya.

air terjun benang kelambu yang lain

air terjun benang kelambu yang lain

di sini ada sekitar 7 Air terjun, kata petugas kepada kami. wah nama-nama air terjun apa saja itu pak, kataku pada petugas parkir. ada air terjun di atas awan, air terjun mengkilip udan, air terjun Ngerabas. dua sisa lainnya belum diketahui nama air terjunnya, kata salah satu petugas parkir itu kepada kami. bahkan dia menjelaskan bahwa air terjun benang stokel itu ada dua. air terjun yang ini, arusnya lebih kecil tapi orang-orang terbiasa mengunjungi benang stokel yang ini. wah dari obrolan saya makin penasaran untuk menjelajahi air terjun-air terjun yang lain. saya pun langsung bertekad untuk mengunjungi air terjun-air terjun yang lain di lain kesempatan

Curahan air Benang Kelambu

Curahan air Benang Kelambu

obrolan tadi sekaligus sebagai penutup petualangan kami di Dusun Pemotok, Desa Aik Berik.

@caderabdulpaker

2 thoughts on “Air Terjun Benang Stokel Laksana dua pancuran, Air Terjun Benang Kelambu Laksana Kelambu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s