Mbolang ke Kampung Sasak Sade, Pantai Mawun dan Bukit Malimbu

Selamat Datang di Pantai Mawun

Selamat Datang di Pantai Mawun

Sasak Village Sade

Kampung sasak

Kampung sasak

Hari ini saya menceritakan perjalanan saya ke tiga tempat sekaligus yang berada di dua kabupaten. Dua tempat wisata berada di kabupaten Lombok Tengah dan satunya lagi berada di Kabupaten Lombok Utara. perjalanan saya kali ini hanya sekedar untuk menemani temanku, Teguh Hartato. Kunjungan yang akan pertama kali kunjungi adalah kampung sasak Sade.

Masjid Kampung Sasak Sade

Masjid Kampung Sasak Sade

Kampung Sasak Sade berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah. Lokasinya tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok (BIL). yaitu Berada di antara BIL dan pantai Kuta Lombok. Lokasinya tepat berada di Pinggir jalan raya ke arah Kuta. So Gampang kan, ngak mungkin kesasar deh. Di Kanan Jalan tertulis “Welcome To Sasak Village Sade Rembitan Lombok”.

Di Kampung Sasak ini, bangunan Rumahnya masih terbuat dari anyaman Jerami yang masih alami. saat tiba di lokasi anda akan disambut oleh anak muda Sasak yang bertugas menjadi Guide kita selama di Kampung Sasak ini. anda bisa bertanya-tanya segala sesuatu kepada Guide tersebut. Saat sebelum memasuki kampung ini, anda harus mendaftar sebagai Tamu di Kampung ini. saat mendaftar itu, anda sekaligus bisa membayar karcis masuk. karcis masuknya bisa secara rombongan aja. Karcis masuknya tidak memberatkan tapi secara sukarela saja. Dana itu nantinya dikumpulkan untuk pengembangan kampung sasak ini.

Selamat Datang di Kampung Sasak

Selamat Datang di Kampung Sasak

Di kampung sasak ini anda bisa berbelanja berbagai macam khas Lombok yang langsung diproduksi di kampung ini. berbagai kerajinan sampai dengan kain sasak atau tenun sasak. Hampir setiap rumah ada alat menenun. So, hampir tiap rumah juga menjual tenun ini. penenun dan penjual di kampung ini mulai dari anak-anak sampai yang tua renta. Bahkan khusus cewek, diwajibkan untuk menenun sejak kecil. Oh ya di sini anda bebas menawar apa saja dan berapa saja. Tawar-menawar itulah asiknya. Oke kita lanjut ke Pantai Mawun

Pantai Mawun

Mawun di saat Musim Kemarau

Mawun di saat Musim Kemarau

Pantai Mawun berlokasi di Lombok Tengah bagian Selatan. Ini bisa ditempuh melalui Pantai Kuta. Dari Kuta akan menuju Bukit Mawun. Untuk menuju lokasi pantai Mawun belum ada sarana transportasi Umum. So anda bisa menyewa menggunakan mobil atau sepeda motor.

Indahnya Pantai Mawun. tidak sepi dan tidak begitu ramai

Indahnya Pantai Mawun. tidak sepi dan tidak begitu ramai

Di bukit Mawun ini, anda akan melihat penambangan emas rakyat. Dari Bukit Mawun ini Juga kita bisa menyaksikan Pantai Kuta dari atas Bukit. Indah kawan. Bagi kawan-kawan yang ingin melakukan perjalanan dari Mawun. Sebaiknya rehat sejenak untuk memotret keindahan pantai Kuta dari atas bukit Mawun.

Tanda-tanda menuju pantai Mawun ini tidak begitu jelas. So perhatikan petunjuk-petunjuk itu secara detail. jalan masuk ke pantai Mawun tidak meyakinkan. Tapi saat anda tiba di pantai Mawun anda akan terkesima dengan keindahan pantainya. Pasirnya yang putih airnya yang jernih berwarna kebiruan. Beberapa fasilitas seperti Berunggak atau Gazebo terlihat baru dibangun. Anda bisa duduk di Gazebo sambil menyaksikan indahnya pantai Mawun.

Pantai Mawun bagian Kiri

Pantai Mawun bagian Kiri

Pantai Mawun ini belum terlalu banyak dikenal tapi saya sangat mengenalnya. Bahkan saya sudah tiga kali saya ke tempat ini. sepi dan bersih, itulah kesan saya tentang pantai Mawun ini. beberapa Turis asing terlihat berjemur sambil menikmati indahnya pantai Mawun.

Pantai Mawun diapit oleh dua Bukit. Bukit yang sebelah Kanan rumput-rumput terlihat mengering karena musim kemarau. Jika musim Hujan maka bukit-bukit itu akan hijau kembali seperti saat saya kesini pertama kali.

Bukit Malimbu

Sunset di Bukit Malimbu.

Sunset di Bukit Malimbu.

Menikmati Sunset di Bukit Malimbu adalah salah satu yang ditunggu oleh setiap orang. termasuk di Bukit Malimbu ini. Bukit Malimbu termasuk kawasan Lombok Utara. Lokasinya tidak jauh dari Senggigi yang terkenal itu. dari Senggigi ke Malimbu hanya butuh 20 menit. Dekat kan.

IMG_1193

Di Bukit Malimbu ini, anda tidak hanya disuguhkan oleh indahnya Sunset Bukit Malimbu berupa beberapa pohon kelapa  yang melambai-lambai dengan berlatar Gunung Agung di Bali. Tapi anda  juga bisa menikmati ikan Bakar segar yang sangat enak rasanya. Sambil menunggu sunset anda bisa menikmati sedapnya ikan bakar. Bahkan anda bisa menikmati ikan bakar dan sunset sekaligus.

Dina siap-siap terbang di Bukit Malimbu

Dina siap-siap terbang di Bukit Malimbu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s