Pesona Pantai Penggajawa dengan batu hijaunya

Indahnya pasir Hitam Pantai Penggajawa dengan batu hijaunya

Indahnya pasir Hitam Pantai Penggajawa dengan batu hijaunya

Pesona Pantai Penggajawa dengan batu hijaunya (Tour de Ende 2)

Setelah mengunjungi “Taman Renungan Bung Karno”, kami akan langsung menuju kawasan Danau Kelimutu di Moni. Tapi karena masih terlalu pagi, akhirnya kami memutuskan untuk berjalan-jalan di kawasan pesisir pantai di Ende.

Pesisir Pantai Ende berada di sepanjang perjalanan dari Ende ke Bajawa. Di sepanjang pesisir pantai ini mata akan dijamu dengan pantai dengan khas pasir hitam yang cantik dan eksotis. Dari pesisir pantai ini kita juga bisa melihat Gunung Meja yang bentuknya seperti meja itu. beberapa perusahaan berdiri di sepanjang pantainya. Perusahaan tersebut akan melakukan penambangan pasir besi di pesisir selatan kabupaten Ende.

Batu Hijau di pantai Penggajawa

Batu Hijau di pantai Penggajawa

Pasir besi ini biasanya digunakan untuk industri logam besi dan industri semen. Pasir besi di sepanjang pesisir pantai ini banyak dimanfaatkan oleh perusahaan. Jika perusahaan yang mengambil pasir ini tidak diatur secara khusus dalam peraturan daerah, maka pantai di sepanjang ini akan cepat rusak. Semoga pemerintah  daerah cepat membereskan semua ini.

Menurut penjelasan sang supir ke saya bahwa batu-batu di Pantai Penggajawa berwarna hijau. Saya semakin penasaran dengan batu-batuan hijau itu. selama ini saya sudah mengunjungi pantai Kolbano yang pantainya bukan berpasir tapi berbatu. Kali ini saya akan dikejutkan oleh pantai dengan pasir batunya.

Pesona Pantai Penggajawa

Pesona Pantai Penggajawa

Jarak Kota Ende dengan Pantai Penggajawa hanya 20 km. Tidak perlu butuh lama untuk tiba di Pantai penggajawa, hanya sekitar 30 menit. Pukul 9.30 Wita, saya dan rombongan sudah tiba di lokasi pantai Penggajawa. Di sepanjang pantai penggajawa ini banyak penduduk yang berprofesi jualan batu hijau. Termasuk di tempat saya berhenti. Seorang Ibu dan anaknya langsung menyambut kedatangan kami ini dengan menawarkan beberapa batu hijau yang sudah dibungkus dengan karung.

Batu hijau ini dijual sesuai ukurannya. Ada yang berukuran besar dan ada juga yang berukuran kecil. Harga per karung kecil 25.000. tapi jika anda membeli dalam jumlah banyak, anda bisa mendapatkan diskon. Menurut penjelasan ibu tersebut pembeli batu hijau biasanya berasal dari Bali dan Surabaya.

Jadi jika anda ingin membeli hijau nan cantik untuk hiasan rumah silahkan datang saja ke pantai penggajawa, Ende.

deburan Ombak pantai Penggajawa

deburan Ombak pantai Penggajawa dengan latar belakang Gunung Meja

Aku pun merasa heran darimana asal usul dari batu hijau. Menurut ibu itu, batu hijau di pantai penggajawa berasal dari dasar laut itu terbawa ombak hingga tiba di pantai. Sehingga batu hijau akan selalu ada di pantai penggajawa ini. Ya begitu lah penjelasan menurut sang ibu penjual. Sudah ngobrol dengan penjualnya, saya pun ingin melihat langsung batu-batu hijau dengan pasir besi yang begitu eksotis.

Pasir yang eksotis dengan hiasan batu-batu hijau semakin menambah eksotis pantai penggajawa ini. apabila air laut ini membasahi pasir besi dan batu hijau ini, maka pasir besi dan batu hijau tersebut nampak begitu bercahaya dan mempesona. Batu-batu hijau ini ada kebanyakan berserakan dimana-mana dan ada juga yang sudah mengumpul. Batu-batu hijau inilah yang diambil oleh penduduk untuk kemudian dijual kepada wisatawan yang membutuhkan.

Sebagai kenang-kenangan dari pantai Penggajawa ini. saya mengambil satu batu hijau untuk di simpan di rumah. biarlah batu itu menjadi saksi bahwa saya pernah mengunjungi kabupaten lahirnya Pancasila. Sampai sekarang batu itu masih tersimpan rapi di rumah. Teman saya, Bu Johana mengambil batu hijau sekaligus pasirnya.

C U Pantai Penggajawa

C U Pantai Penggajawa

Jam sudah menunjukkan pukul 10.00. hanya sekitar 30 menit saya di pantai Penggajawa ini. saya harus segera melanjutkan perjalanan lagi untuk melakukan survey hotel di kawasan Moni. Maklum, kawasan Moni merupakan kawasan Wisata. Jadi di Moni juga banyak penginapan-penginapan.

Selama di Moni, kita tidak hanya survey tapi juga melakukan survey ke Danau Gunung Kelimutu tiga warna. So jangan kemana-mana ya… (bersambung)

8 thoughts on “Pesona Pantai Penggajawa dengan batu hijaunya

  1. Pingback: Perjalanan Menuju kawasan wisata Moni, Ende | CATATAN CADERABDUL PACKER
  2. Pingback: Mengejar Sunrise Danau Kelimutu 3 Warna | CATATAN CADERABDUL PACKER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s