Selong Belanak, Satu Lokasi Sejuta Pesona

IMG_1703

Berteduh sejenak di Bukit Selong Belanak memandangi Lukisan Alam yang Tuhan berikan kepada kita

Gili Anakewok itu yang biasanya terlihat dari Pantai Selong Belanak juga terlihat puncak bukit “the Hill” – “the Hill” itu lah yang tertulis di puncak. Gili Anakewok memberikan pertanda bahwa Pantai Selong Belanak sudah dekat. setidaknya, anda hanya butuh 15 menit lagi untuk tiba di bibir pantai Selong Belanak. Saat anda menginjakkan kaki di pantai ini, maka perkampungan yang masih alami, lapangan parkir yang masih seadanya. terkesan tidak terawat dan masih lama. mungkin anda akan menemukan anjing-anjing yang sesekali mendekati anda.

memasuki kawasan pantai Selong Belanak, anda akan dimanjakan pantai berpasir putih dan laut yang berwarna biru toscha. Gili Anakewok yang berada di tengah-tengah laut selong belanak makin memperindah selong belanak itu sendiri. menjelang siang, anda akan menyaksikan kawanan kerbau yang akan melintasi di pantai Selong Belanak. bukan satu kerbau tapi bisa puluhan kerbau yang melintasi Pantai Selong Belanak. mungkin hanya di Lombok ini, anda bisa menyaksikan sekawanan kerbau berjalan di pesisir pantai. apakah hanya itu, tentu tidak. Selong Belanak masih punya pesona lain. di ujung Pantai Selong Belanak, anda bisa melihat pantai Selong Belanak yang terkurung. bahkan pantai ini sekaligus menjadi pemisah antara Pantai Selong Belanak dan Pantai Tomang Omang.

Pantai Selong Belanak masih memiliki panorama lain yang sayang jika anda lewatkan. di ujung Pantai Selong Belanak yang lain – anda bisa melihat panorama Selong Belanak dari atas bukit. tentu, untuk mendapatkan panorama yang indah itu perlu usaha lebih untuk naik ke atas bukit itu. setelah tiba di puncak bukit, saya jamin anda dapat menyaksikan Panorama Selong Belanak yang indah.

—————————————–

Kemarin pada tanggal 5 Oktober 2013 saya berencana untuk melihat pantai yang wisatawannya kebanyakan turis. bahkan bisa dibilang ini pantai turis. pantai Mawi namanya. Pantai Mawi ini banyak dikunjungi para turis. Ombak di pantai Mawi ini sangat cocok untuk surfing. lokasinya tidak jauh dari pantai Selong Belanak atau Pantai Mawun. Pantai Mawi ini berada di antara pantai Mawun dan Pantai Selong Belanak. pantai ini lah tujuan saya yang sebenarnya. 

Pantai Selong Belanak termasuk kawasan pantai pesisir selatan pulau Lombok. Akses jalan ke Selong Belanak baru dibuka beberapa tahun terakhir ini sehingga beberapa fasilitas hotel belum terlalu memadai, Sedangkan infrastruktur jalan menuju pantai Selong Belanak ini sudah bagus. Transportasi publik menuju Selong Belanak belum tersedia. Jadi anda bisa menggunakan motor atau Rent car. Selong Belanak bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1.30 s/d 2 jam dari Mataram.

Indahnya Selong Belanak

Selong Belanak from Hill

Selong Belanak from Hill

Saat anda tiba di pantai Selong Belanak. Anda akan disambut minim fasilitas dengan sejuta pesona. Beberapa Pesona yang dapat anda saksikan adalah pasir putih bersih dengan warna air laut yang kebiruan. Dari pantai Selong Belanak ini anda juga menyaksikan pulau tak berpenghuni yang berbentuk kerucut yang berada di tengah-tengah laut. Pulau tak berpenghuni ini juga lah yang terlihat dari Hill Selong Belanak.

Sebetulnya pesona pantai Selong Belanak sudah bisa dilihat dari kejauhan. beberapa kilometer sebelum pantai Selong Belanak, anda akan disajikan pesonanya dari bukit. Dari bukit itu kita bisa menyaksikan keindahannya.

Kerbau-kerbau

Gerombolan Kerbau di pantai Selong Belanak

Gerombolan Kerbau di pantai Selong Belanak

Selain keindahan pantai dan kejernihan air lautnya, kita juga menyaksikan kerbau-kerbau yang berjalan di bibir pantai Selong Belanak. Kerbau-kerbau itu jumlahnya puluhan. Kerbau-kerbau itu digiring oleh petani menyusuri pantai Selong Belanak. Pantai yang halus dan lembut berubah menjadi pantai dengan jejak-jejak kaki kerbau yang melintasi pantainya. Pantai itu persis seperti baju yang belum disetrika. Gelombang air laut lah yang bertugas menyetrika, merapikan baju-baju pantai selong belanak.

Menatap sang pulau

Menatap sang pulau

Masih tidak puas dengan semua keindahannya. Anda pun bisa menyusuri sepanjang pesisir pantai. Lumayan cukup jauh. Saya tidak tau seberapa jauh panjang pantainya. cukup lumayan untuk membuat kaki gempor. Saat berjalan kaki anda merasakan keindahan pantai dengan deburan ombaknya.

nyok berjemur

nyok berjemur

Beberapa turis manca negara banyak yang berenang, sandbathing, dan sunbathing. Bahkan beberapa turis ada juga yang melakukan surfing. Tapi turis yang surfing di pantai Selong Belanak ini tidak sebanyak turis yang surfing di pantai Mawi.

Pantai Tomang Omang

Pantai Tomang Omang terlihat dari Selong Belanak

Pantai Tomang Omang terlihat dari Selong Belanak

Di ujung pantai Selong Belanak ini anda bisa menyaksikan batu-batu eksotis dengan ombak yang lumayan besar. Dari ujung pantai Selong Belanak ini anda dapat menyaksikan indahnya pantai Tomang Omang yang lokasinya bersebelahan dengan pantai Selong Belanak. Antara pantai Selong Belanak dengan Pantai Tomang Omang dibatasi dengan Laut dengan jarak sekitar dua meter. Bagi yang lompatannya jauh, anda silahkan meloncat. Tapi awas anda harus hati-hati.

Ombak antara Tomang Omang dan Selong Belanak

Ombak antara Tomang Omang dan Selong Belanak

Jika anda masih ragu sebaiknya anda membatalkan niat anda tersebut. Hati-hati, gelombang besar bisa menghempaskan tubuh anda. Lupakan sejenak tentang lompat-melompatkan. Mata saya akan tidak berkedip melihat keindahan pantai Tomang Omang ini. Pantai yang indah dan saya kira pantainya masih perawan. At least, untuk hari ini. benar-benar Surga dunia. Di balik bebatuan yang eksotis, air laut jernih kebiruan seakan menambah kecantikan pantai Tomang Omang itu. lalu bagaimana agar bisa memperawani pantai Tomang Omang yang cantik itu. tetap ikuti perjalanan saya yach. Kita kembali ke atas batu yang saya injak sekarang ini.

Pantai Serangan

Pantai Serangan dilihat dari Selong Belanak

Pantai Serangan dilihat dari Selong Belanak

Dari batu yang eksotis ini kita bisa menyaksikan keeksotisan lain yang bisa disaksikan ujung Selong Belanak ini. antara lain pantai Serangan yang berada di balik bukit Tomang Omang. Keindahan pantai Serangan ini sama mempesonanya dengan pantai Tomang Omang. Sayang, jaraknya lebih jauh daripada ke pantai Tomang Omang.

Pantai Kejepit

Selesai dengan pantai Serangan, Selong Belanak masih ingin menawarkan pesona lain. apa pesona lain yang ditawarkan pantai Selong Belanak. Pantai Kejepit. Yak betul pantai kejepit. Saya menamakan pantai ini sesuai posisinya yang terjepit di antara dua batu. Yaitu batu Selong Belanak dan batu Tomang Omang. Ini lah uniknya pantai ini. jika anda  tertarik, anda juga bisa turun ke pantai kejepit. Sebetulnya pantai kejepit ini lebih condong masuk ke pantai Selong Belanak. Penasaran dengan pantai ini. silahkan aja anda injakkan kaki di pasirnya. Kemudian luruskan pandangan anda. Maka dari sini anda juga bisa menyaksikan pulau tak berpenghuni itu.

Pantai Kejepit

Pantai Kejepit

Tak hanya itu, saat berdiri di pantai kejepit ini, saya membayangkan ada tempat tidur yang terbuat dari jaring-jaring. Duh alangkah nikmatnya. Semoga bayangan-bayangan saya terbang bersama angin yang akan mengabarkan kepada para pemilik modal yang baik hati. Sehingga kawasan ini dapat terpelihara dengan baik.

duh indahnya

Menatap

Membicarakan pantai di selong Belanak ini seakan tidak pernah habisnya. Benar-benar sejuta keindahan, sejuta kenikmatan. Sejuta pesona. Nikmat Tuhan mana yang kamu dustakan.

Selesai menikmati pesona pantai Selong Belanak bagian utara. Saya benar-benar merasa terpuaskan dengan segala pesonanya. Itu perspektif saya sebagai pengunjung. Tapi, sang Tuan Rumah bernama Pantai Selong Belanak seakan tidak puas membiarkan saya cepat merasa puas. Dia pun mengajak untuk menjelajahi pantai Selong Belanak bagian Selatan. Saya dibuat capek olehnya. Saya harus menyusuri pantai Selong Belanak lagi setelah sebelumnya saya dibuat gempor karena jalan kaki. Semakin siang pengunjung di pantai Selong Belanak semakin ramai. Ramai tapi masih bersahabat. Bahkan bisa dibilang sepi dibandingkan pengunjung di Gili Trawangan, Lombok atau pantai Dream Land di Bali.

Surga Selong Belanak

Selong from the hill

Selong from the hill

Pantai di bagian Selatan ini benar-benar membuatku semakin terpesona. Semakin terpersona oleh keindahannya. Keindahan lukisan air laut pasang yang membekas pada pasir-pasir yang dilewatinya. Lukisan air laut itu benar-benar membekas pada pantainya. Indah bentuk, indah polanya.

IMG_1689

Jika anda berjalan di atas pasirnya maka beberapa ikan kecil berlarian mencari tempat persembunyiannya. Tak hanya ikan kecil-kecil yang ingin sembunyi. Beberapa hewan/ikan spesies kepiting juga berebutan masuk ke dalam rumahnya. Bahkan beberapa kepiting kecil itu terlihat panik. Paniknya adalah mereka cepat-cepat membuat lubang-lubang baru. Ya begitu lah tingkah laku kepiting-kepiting ini. saat kaki melangkah, saat itu kepiting kecil lari terbirit-birit.

perhatikan Pola pasirnya

perhatikan Pola pasirnya

Kemudian yang menjadi pertanyaan saya adalah pasir-pasir itu. sebelumnya saya mengira pasir-pasir itu sedikit gambut. Lokasinya seperti sungai yang menjadi tempat luapan air laut yang sedang pasang. Jadi tidak heran jika saya menduga itu agak gambut. Dugaan saya benar-benar salah saat kaki coba menginjakkan kaki. Pasinya begitu keras seperti tanah.

aliran saat air pasang

aliran saat air pasang

Adanya gerakan pasang surut air laut itu lah yang membentuk pola-pola tertentu terhadap pasir/tanah di bagian pantai Selong Belanak ini. saya makin mengagumi pasir dan aliran air yang ada di bagian selatan Selong Belanak ini. indah kawan.

berteduh sejenak di bawah pepohonan

berteduh sejenak di bawah pepohonan

Tak hanya cukup sampai di situ, saya berusaha untuk melihat keindahan pola yang dibentuk oleh air laut itu dari sisi lain. saya terpaksa sekaligus semangat untuk melihat pola tersebut dari atas bukit Selong Belanak. Terpaksa karena untuk naik ke atas bukit harus melewati pasang air laut yang selutut. Yang selutut itu baru selutut. Karena baru selutut nantinya bisa sebahu, seleher bahkan sekepala. Semangatnya karena ingin melihat indahnya Selong Belanak dari atas bukit.

sang kerbau

sang kerbau

Sebelum naik ke atas bukit, sempat bertanya kepada seorang petani di bawah bukit ini seputar pasang surutnya.

Benar-benar Surga Selong Belanak. Dari atas bukit ini semakin jelas bahwa Selong Belanak penuh dengan sejuta pesona. Sejuta pesona yang memanjakan mata yang haus akan keindahan lukisan alam yang nampak begitu sempurna.

airnya, pantainya

airnya, pantainya

Ini di Selong Belanak. Inilah jurus pemungkas keindahan Selong Belanak itu. duh kaki ini seakan tak ingin beranjak menikmati keindahan ini. ingin aku berteriak meneriakkan keindahan alam ini. keinginan itu surut kembali saat melihat pengembala kerbau yang mencari dau-daun dibawah bukit. Seandainya di atas bukit ada villa atau penginapan, maka makin sempurna lah keindahan Selong Belanak.

Penutup Selong Belanak benar-benar membuatku terpesona. I love Selong Belanak. I love Lombok.

8 thoughts on “Selong Belanak, Satu Lokasi Sejuta Pesona

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s