Tomang Omang, Surga yang tersembunyi

Selamat Datang di Pantai Tomang Omang

Selamat Datang di Pantai Tomang Omang

Membicarakan tentang keindahan Lombok seakan tidak pernah habisnya.  Setelah sebelumnya saya menulis “Selong Belanak, Satu Lokasi Sejuta Pesona”. Maka kali ini saya akan menceritakan keindahan pantai Tomang Omang yang lokasinya bersebelahan dengan pantai Selong belanak.

Kampung Tomang Omang

Kampung Tomang Omang

Keindahan Pantai Tomang Omang langsung membuat saya terpesona pada pandangan pertama. Pantai yang terlihat dari pantai Selong Belanak begitu menggoda bagi siapa saja yang melihatnya, tidak terkecuali bagi saya.

Jalan Menuju Pantai Tomang Omang

Jalan Menuju Pantai Tomang Omang

Bagi yang pertama kali belum pernah ke pantai Tomang Omang pasti akan dibuat bingung. Tak ada petunjuk jalan menuju pantai ini. anda harus banyak tanya ke warga di sekitar sini.

Ku perhatikan jalan-jalan kecil yang ada di pinggir jalan raya itu. saat melewati gang-gang kecil tak beraspal saya pun berhenti. Menelusuri, mengira apakah ini jalan menuju Tomang Omang. Saat ku temui gang kecil tak beraspal itu. tak ada orang yang bisa aku tanyai. Aku coba yakinkan diri bahwa ini lah jalan menuju pantai Tomang Omang.

pantai Tomang Omang yang begitu bersih

pantai Tomang Omang yang begitu bersih

Tak ada tanda, tak ada penunjuk jalan. Itu lah petunjuknya. Kita ikut jalan ini saja, kata ku kepada Fendi, kawanku. Diamnya adalah jawaban persetujuannya.  Ku lalui motor tak beraspal ini dengan motor Vario kesayanganku. yang ku lihat adalah sawah-sawah yang sudah mengering. Tak ada orang yang ku temui. Ku laju motor ku dengan kepala penuh keraguan.  Ku berharap semoga ada penduduk yang berjalan hendak ke sawah.

pantai Tomang Omang serasa Milik Sendiri

pantai Tomang Omang serasa Milik Sendiri

Ku temui pertigaan jalan. Pertigaan jalan yang membuat ku  semakin ragu kemana jalan masuknya. Ku cari penunjuk jalan. Tak ada. Aku ambil jalur yang jalannya lebih bagus mulus. Tak berapa lama, ada seorang ibu yang hendak ladang. “Jalan menuju pantai Tomang Omang di mana ya bu”, kata ku kepada ibu setengah baya itu. “itu pertigaan jalan, ambil jalan yang ke kiri”, kata ibu kepada saya.

Pulau kecil yang terlihat dari pantai Tomang Omang

Pulau kecil yang terlihat dari pantai Tomang Omang

Ternyata jalur ini yang salah. Justru jalan yang lebih jelek itulah jalan yang menuju ke pantai Tomang Omang. Terpaksa kami balik arah. Tak lupa ku ucapkan terima kasih kepada ibu. Saya dan Fendi langsung melaju motor mengambil jalan sesuai petunjuk ibu tadi. Hanya motor yang bisa lewat jalan ini.

Pantai Tomang Omang dilihat dari Selong Belanak

Pantai Tomang Omang dilihat dari Selong Belanak

ku lalui jalan kampung itu dengan penuh keyakinan yang sudah dicharge oleh ibu yang ku temui. Jalan-jalan semakin tidak bersahabat. Jalan tanah liat. Untung kami datang pada musim kemarau.

Hempasan Gelombang yang begitu indah di Tomang Omang

Hempasan Gelombang yang begitu indah di Tomang Omang

Saat hendak menuju pantai Tomang Omang ini. kami harus melalui sebuah perkampungan yang terdiri dari beberapa orang saja. Tak ada tanda dibalik perkampungan itu lah pantai Tomang Omang memancarkan keindahannya. Ku cari salah Satu warga yang bisa ku tanyai. Tak ada, hanya anak-anak. Akhirya aku minta tolong agar ibunya dipanggil.

Melihat Tomang Omang dari balik Bebatuan

Melihat Tomang Omang dari balik Bebatuan

“mas bisa jalan di tengah-tengah piaraan sapi itu, motor mas bisa dititipkan di sini”, begitu penjelasan salah satu warga kepada kami. Hanya kampung Tomang Omang lah yang langsung berbatasan dengan laut. Padahal biasanya pantai selalu identik dengan hotel-hotel berbintang. Maka di sini, pantai identik dengan kampung berbintang.

Fendi berpose di atas bebatuan dengan latar Selong Belanak

Fendi berpose di atas bebatuan dengan latar Selong Belanak

Kami langsung menyusuri perkampungan. Lewat di samping sapi-sapi yang sedang berteduh. Jalan menembus ladang-ladang yang “alhamdulillah” masih dimiliki warga penduduk sini. Bukan para pemodal besar.

pantai Serangan terlihat dari pantai Tomang Omang

pantai Serangan terlihat dari pantai Tomang Omang

Pintu Pantai Tomang Omang terbuka. Pintu yang  dibuat dari pepohonan jarak. Menyambut kedatangan kami. Dia seakan menyambut para pengunjung. Hanya kami pengunjung itu. tak ada pengunjung lain. hanya saya dan Fendi. That it. Tomang Omang.

Pantai Selong Belanak dilihat dari Tomang Omang

Pantai Selong Belanak dilihat dari Tomang Omang

Begitu indahnya kampung Tomang Omang ini. kampung yang menjadikan pantai sebagai halamannya. Bahagia itu sederhana. Walau mereka serba minim fasilitas tapi mereka bisa menikmati indahnya alam yang diciptakan khusus untuk kampung Tomang Omang ini. semoga mereka tidak mau menjual  kampung  dengan segala keindahannya kepada orang-orang yang hanya memikirkan keuntungan bagi mereka.

bebatuan yang tergenang air

bebatuan yang tergenang air

Hanya ketenangan yang kami rasakan, tak ada hiruk pikuk. Tak ada kebisingan pabrik. Hanya kebisingan burung-burung yang sesekali berbunyi. Hanya kebisingan suara ombak yang menghantam batu dan pantai. Pasir putih dibalut dengan gelombang laut yang berwarna kebiruan. Kami pun menyusuri pesisir pantai indah ini. fendi seakan tidak mau kehilangan momen ini. “mas, tolong saya difoto”, ucapnya kepada saya. beberapa kali dia minta dipotret dengan latar khas Bukit Tomang Omang pada musim kemarau.

Fendi berpose dengan latar pantai Tomang Omang

Fendi berpose dengan latar pantai Tomang Omang

Pukul 12.00 perut saya bersuara ingin menyaingi suara ombak Tomang Omang itu. saya memang sengaja mempersiapkan bekal. Anda jangan cari penjual nasi ataupun minuman di pantai Tomang Omang ini.

Erosi Ombak

Erosi Ombak

Saya pun mengajak Fendi agar naik ke bebatuan yang ada di ujung pantai itu. barangkali disana ada tempat berteduh sekaligus menyantap bekal makanan yang sudah saya bawa. Begitu kokohnya bebatuan ini. mendaki kekokohan batunya. Menaklukkannya. Saya pun hampir terjatuh dibuatnya. Saya tak hanya berperang melawan kekokohanya tapi juga panasnya batu di saat siang hari.

Erosi Ombak

Erosi Ombak

kaki saya yang sudah tidak menggunakan sandal harus bisa menahan rasa panasnya pasir dan batu. Menaklukkan kekokohan batu ini.  Sandal ku terpaksa di lepas di sela-sela pintu masuk pantai Tomang Omang. tujuannya hanya satu yaitu ingin merasakan pasir pantai Tomang Omang. Ku korban kaki ku untuk merasakan panasnya pasir dan bebatuan saat matahari berada di atas kepala saya.

Jejak Kaki siapa kah ini??

Jejak Kaki siapa kah ini??

saya temukan bebatuan yang agak mencekung. Teriknya panas matahari terhalangi oleh bukit yang berada di atas bebatuan itu.  akhirnya, kami bisa menyantab makanan sambil menikmati indahnya  laut Tomang Omang yang berwarna kebiruan. Kebetulan batu yang menjadi tempat kami makan agak tinggi. Jadi, kita makan sambil menikmati indahnya laut itu.

Sepasang Turis saat berjemur di Tomang Omang

Sepasang Turis saat berjemur di Tomang Omang

Setelah selesai menyantab makanan, kami pun menikmati indahnya pantai Tomang Omang. Saat hendak pulang meninggalkan keindahan pantai Tomang Omang, saya melihat sepasang turis yang sedang berjemur. Ya hanya sepasang. Dan mereka adalah cowok cewek. Sedangkan saya dan Fendi adalah sesama cowok.

aduhhhh indahnya pantai, putih bersih pantai dipadu dengan biru laut yang jernih

aduhhhh indahnya pantai, putih bersih pantai dipadu dengan biru laut yang jernih

Akhirnya, saya mencandai kami sendiri. “Kok Pasangan aku kamu sih Fendi. harusnya yang bersama aku tuh pasangan soulmateku, bukan kamu Fend”. Kami pun tertawa. Tertawa menertawakan kami ini. hahahaha. Kami pun siap bergegas pulang meninggalkan sepasang kekasih yang sedang bercumbu. Saya pun tidak tahu apa yang akan mereka perbuat saat saya meninggalkan pantai Tomang Omang ini. selamat tinggal pantai Tomang Omang. Terima kasih kepada warga Tomang Omang yang mau kami titipkan motor.

bagaimana rasanya jika pantai berada di halaman rumah anda

bagaimana rasanya jika pantai berada di halaman rumah anda

Pesan saya kepada warga Tomang Omang “jangan Jual Tanah Kalian, Jangan Jual harta kalian yang sangat berharga itu”. jangan jual agar kami bisa menikmati sajian alam dengan gratis. Sungguh akan banyak investor yang akan menawarkan kalian dengan tawaran menarik. Lombok memang indah dan akan semakin indah.

sepasang turis sedang siap-siap untuk berenang

sepasang turis sedang siap-siap untuk berenang

Lombok menjadi destinasi baru bagi para wisatawan luar negeri. Bahkan, menurut warga Australia, Lombok merupakan Bali di zaman 1980-an. Tak hanya itu, pada tahun 2013 ini, karena anemo warga Australia yang begitu tinggi kepada Lombok. Maskapai Internasional, Jet*** menawarkan penerbangan langsung dari Australia ke Lombok. Sebelumnya, maskapai Air**** juga telah menawarkan penerbangan langsung Malaysia Lombok.

jejak kaki saya saat hendak meninggalkan pantai Tomang Omang

jejak kaki saya saat hendak meninggalkan pantai Tomang Omang

12 thoughts on “Tomang Omang, Surga yang tersembunyi

    • yaaaa emang sedikit aneh aka masak pasangannya sesama cowok. ya sebagai leluconan kita saat touring ke Tomang Omang hehe..ma kasih atas koreksinya mungkin ntar kata-katanya ku ganti dah eheh..ma kasih..Pantai Keren, Foto Keren dan Blog keren termasuk yang Komentar juga Keren… ma kasih mas Keliling Lombok yang sudi mampir ke Blog sini….pengin deh trips bareng biar saling kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s