Pantai Semeti, Taman Laut di atas Akuarium Alam

Pantai Semeti

Pantai Semeti

Dua hari yang lalu, saya membaca berita di salah satu media Nasional bahwa pantai Lombok termasuk topten pantai yang tercantik di dunia. Dalam daftar yang dimuat oleh Lonely Planet, pantai yang ada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, disejajarkan dengan keindahan pantai Kepulauan Hawaii, pantai Eleuthera di Bahama dan kepulauan Karibia.

Eksotis Pantai semeti

Eksotis Pantai semeti

membaca berita itu tidak membuatku merasa heran. ya itu lah lombok. pulau dengan sejuta pantainya. menjejalahi pantai di Lombok ibarat meminum air saat haus. semakin banyak air laut yang diminum, semakin haus yang kita rasakan. begitu juga dengan Lombok. semakin banyak pantai-pantai saya kunjungi, semakin haus saya untuk mengunjungi pantai-pantai yang lain.

Jalan Menuju Pantai Semeti

Jalan Menuju Pantai Semeti

Tak cukup itu saja. hari ini tanggal 18 Oktober 2013, saya juga membaca berita dari salah satu Media Nasional lainnya yang memberitakan bahwa pulau Lombok termasuk dalam lima pulau terbaik se Asia.

Jejak Kaki di pantai Semeti

Jejak Kaki di pantai Semeti

Kecantikan Lombok dan Bali diakui sebagai salah satu pulau terbaik di Asia. ini dibuktikan oleh para pembaca CN Traveler.  di antara lima pulau itu, dua dari Indonesia. Bali tetap menjadi primadona terbaik mengalahkan Phuket dan Koh Samui, Thailand. Lombok selalu bisa membayang-bayangi keindahan Pulau Bali.

Semeti dari atas batu

Semeti dari atas batu

termasuk salah satu pantai cantik yang ada di Lombok itu adalah Pantai Semeti.  Pantai Semeti bersebelahan dengan Pantai Mawi, Lombok Tengah. jalan menuju pantai Semeti tidak lebih bagus dari jalan Pantai Mawi. tak ada penduduk di dekat Pantai ini. sepi dan masih perawan.

Semeti dari atas stone

Semeti dari atas stone

begitu motor saya mendekati bibir pantai Semeti. saya melihat beberapa orang nelayan yang sedang tidur di satu-satunya Gazebo/Berunggak yang ada di pantai ini. hembusan angin pantai Semeti itu semakin membuat nelayan tidur dengan lelap. ditemani burung-burung yang beterbangan. ku hanya ingin memandang indahnya panorama kesepian pantai Semeti.

jika pantai Mawi penuh dengan para peselancar. maka Semeti penuh dengan keheningan. beberapa Nelayan itu ku ketahui berasal dari daerah Kuta. jadi sejatinya pantai ini benar-benar sepi. hanya saya yang menikmati keindahan pantai. teriknya matahari tak memupuskan kaki untuk melangkahkan kaki di bebatuan pantai Mawi.

Akuarium Alam Semeti

Akuarium Alam Semeti

ku jejalahi pantai ini sendiri. ku jelajahi batu-batu yang kokoh itu. ku ingin menaklukkan kekokohannya. dibalik kekokohan itulah tersimpan panorama indah. panorama bebatuan Semeti yang cantik. panorama akuarium-akuarium alam yang sangat ciamik. akuarium-akuarium itu sungguh membuatku terpesona. akuarium-akuarium ini berada di atas kokohnya batuan semeti.

Akuariam Alam Semeti

Akuariam Alam Semeti

Akuarium alam yang dipenuhi oleh terumbu-terumbu karang dengan ikan-ikan kecil yang selalu menemaninya. begitu ombak besar datang. maka akuarium-akuarium itu penuh dengan air laut. kemudian air laut keluar melewati celah-celah akuarium alam itu. ikan-ikan kecil itu pun berhamburan bercampur dengan busa-busa ombak. begitu busa-busa itu menghilang, nampak ikan-ikan kecil yang berenang di Akuarium alam. akuarium ini lah yang paling besar ukurannya, paling tak beraturan bentuknya.

landak di dalam Akuarium

landak di dalam Akuarium

saat langkah kaki ku semakin mendekat. saat itu pula-pula ikan-ikan kecil berlarian bersembunyi dibalik terumbu karang dan biota laut itu. hanya ikan berbentuk bulat dengan tubuh dipenuhi duri-duri yang tak bisa bersembunyi. saat hendak ku pegang pun dia tak bisa menjauh.

di samping akuarium itu, ada akuarium alam yang ukuran lebih kecil bahkan mungkin terkecil di antara yang lain. ikan-ikannya pun sulit mencari tempat persembunyian. aku bisa dengan memotret ikan-ikan kecil yang berenang dalam akuarium alam ini.

selain itu, ada akuarium yang lebih bagus bentuknya. bentuknya bulat seperti balok. di dalamnya ada batu-batu yang sudah menghijau oleh lumut-lumut. banyak ikan kecil di dalamnya. saat ku dekati, ikan-ikan kecil bersembunyi dibalik batu-batu hijau yang sudah dilumuri dengan lumut. sesekali ku bisa mencuri memandangi ikan-ikan kecil  itu.

Ikan-ikan kecil di dalam akuarium alam

Ikan-ikan kecil di dalam akuarium alam

ku di sini sendiri memandangi ombak-ombak yang datang memenuhi akuariuam-akuarium alam. mendengarkan suara gemuruh ombak. tak ada orang di sini. hanya ku sendiri di sini. ku hanya ingin mengagumi akuarium-akuarium itu. dibalik ini semua, pasti ada seorang yang bertanggung jawab untuk memberi makan ikan-ikan kecil ini. dia lah Tuhan yang Maha Esa yang memelihara semua biota laut yang berada di atas bebatuan ini.

saya terus melangkah kan kaki, mencari keindahan-keindahan lain di atas bebatuan semeti ini. ku mencari barangkali masih ada akuarium-akuarium alam yang lain, yang lebih indah dari sang Maha Pencipta. benar, sesuai dugaanku, langkah kakiku semakin cepat saat melihat akuarium lain. dari kejauhan akuarium alam itu warnanya lebih cerah. terumbu karangnya lebih berwarna-warni.

akuarium alam dengan batu-batuan hijau di dalamnya

akuarium alam dengan batu-batuan hijau di dalamnya

akuariumnya berada di antara dua batuan besar. sungguh ciamik ciptakan Tuhan ini. kecantikan akuarium tersimpan dalam alat potret ku. sayang, alat potret tidak bisa merekam kecantikan seperti apa yang saya saksikan.

dibalik cantiknya akuarium-akuarium alam, ada batu-batuan semeti yang semakin memperindah akuarium-akuarium itu.

Batu di semeti

Batu di semeti

kecantikan pantai Semeti, kecantikan bebatuan semeti, kecantikan taman-taaman laut di atas akuarium-akuarium alam semeti. semuanya adalah menunjukkan bahwa Lombok memang begitu Cantik. dengan semua yang saya saksikan  dalam perjalanan saya kali ini, semakin mempertegas bahwa Lombok memang indah.

Akuarium Alam Semeti

Akuarium Alam Semeti

semua kecantikan baik itu di Pantai Mawi maupun di Pantai Semeti sudah berada dalam pengelolaan PT Sinar Rowok Indah. PT Sinar Rowok Indah lah yang memiliki semua kecantikan itu. PT Sinar Rowok Indah lah yang membeli lahan di kawasan pantai Mawi dan pantai Semeti. biar pun begitu, saya masih bisa menikmati semua kecantikan itu.

batu-batu di Semeti

batu-batu di Semeti

17 thoughts on “Pantai Semeti, Taman Laut di atas Akuarium Alam

  1. Keren banget tuh pantai der… *ngilerrrr* … tapi aku curiga itu akuarium cuma kamu lihat dari atas doang ya hahahaha, masih trauma rupanya.. ayo kapan aku kesini harus snorkling ya

    • betullll mas…setuju pake bangetttttt dah…..tapi tetep ngotot ne yaw….pokoe favorit tetep Selong Belanak dan Tangsi…heheh…saya mana yach….sik bingung mas…pantai di Gili-gili juga bagus…binun dah jadie…Selong Belanak dan Tangsi termasuk yang qfavoritkan juga…

    • yaaaa pantai Semeti ini ada di antara Pantai Selong Belanak dan Pantai Mawun di Lombok Tengah. tak ada transportasi umum kesananya. Pantai Ini bisa ditempuh sekitar 1 jam dari Bandara Internastional Lombok. sayang, infrastruktur jalan ke sana masih belum memadai. apalagi sekarang lagi musim hujan. saran saya kalau mau kesana. pas bulan-bulan april ampe oktober. oke sip kawan.. selamat menikmati keindahan pulau Lombok

    • Gimana sudah membuktikan kan kekerenan Pantai Semeti kan?…pemandangan yang paling saya suka adalah Akuariuam alamnya..Ikan-ikan, Lumut-lumut yang berwarna warni nemplok si akuriuam alam itu… dan yang keren adalah Batu-batu itu sendiri laksana Kripton haha..Perjuangan jalan terbayarkan oleh keindahan pantai Semeti..ayo jelajahin Pantai-pantai yang lain..hehe..di sebelah semeti itu ada pantai Tlawas…keren lo..coba deh lirik Pantai Tlawas di Blogku.. insaalloh kesemsem deh hahaha…ngomporin he

  2. oo ya bos kapan@ qta adkan touring menyusuri pantai daerah lombok yukk,,jdi bhan acuan bwat wisatawan nnti,,,hehee

  3. kalau jalan-jalan lagi keselong belanak mohon share photo-photonya gan di grup FB kami SELONG BELANAK LOMBOK INDONESIA
    Semeti, Rowok, Mawi, Kapal, Tomang-omang dan Sarangan adalah deretan pantai yg masuk ke wilayah Desa selong belanak, kalau jalan ke selong belanak silahkan mampir gan di pondok saya, tempatnya di Pertigaan selong belanak yg mau kepantai.
    Thanks kunjungannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s