Lancing dan Tampah, Kebersihan Menjadi Pemisah Dua Pantai ini

Pantai Lancing

Pantai Lancing

mungkin baru kali ini kita mendengar bahwa kebersihan bisa menjadi pembatas antara dua pantai. saya termasuk salah satu orang yang bisa menyaksikan dua pantai ini. nama pantainya adalah Pantai Lancing dan Pantai Tampah. selama ini saya banyak menemukan bukit yang menjadi pembatas antara pantai yang satu dengan pantai dengan yang lain. tapi tidak dengan dua pantai ini. faktor yang menjadi pemisah adalah kebersihan.

Pantai lancing yang agak kotor dan Pantai Tampah yang bersih

Pantai lancing yang agak kotor dan Pantai Tampah yang bersih

Pantai ini berada di kawasan selatan Lombok. tepatnya, berada di kabupaten Lombok Tengah. berada di antara pantai Mawun dan Pantai Kuta. kira-kira hanya butuh 30 menit dari pantai Kuta. sebagaimana khas pantai Lombok. tak banyak penunjuk arah menuju pantai ini. yang diperlukan adalah sering bertanya kepada penduduk sekitar.  pantai ini hanya berjarak 500 meter dari jalan raya Kuta – Selong Belanak.

Bukit Lancing Tampah dilihat dari pantai

Bukit Lancing Tampah dilihat dari pantai

belum ada transportasi publik menuju pantai ini. so harus pake motor atau mobil atau rent car. sebaiknya kalau mau ke sini jangan sendirian yach… yaa ntar kamu kesepian disana.

Keindahan Pantai Lancing

nampak para nelayan atau pemancing di Pantai Lancing

saat anda berjalan dari Selong Belanak menuju pantai Lancing atau pantai tampah.begitu memasuki kawasan lancing, kita akan melihat beberapa rumput kering yang sudah diikat dengan rapi. rumput-rumput itu dijual. rumput biasanya digunakan untuk atap-atap rumah sasak yang beratapkan rumput-rumput. kita bisa menyaksikan rumah adat sasak dengan beratapkan rumput ini di Kampung Sasak Sade, Pujut, Lombok Tengah.

sang perahu di Lancing

sang perahu di Lancing

banyak warga sekitar pantai Lancing yang berprofesi sebagai pemancing atau pun nelayan. saat laut lancing surut menjelang sore hari.  saya melihat beberapa warga yang berjalan ke tengah laut untuk mencari ikan-ikan laut.

TAMPAH

TAMPAH

Pantai lancing terlihat kotor karena memang di pantai Lancing banyak padang lamun yang tumbuh subur di pantai Lancing. bahkan tak hanya itu, beberapa warga juga membudidayakan rumput laut sebagai tambahan untuk penghasilan untuk mereka.

si bersih dan si kotor

si bersih dan si kotor

rumput laut-rumput laut yang mati terbawa ombak hingga ke pantai Lancing. itu lah penyebab lancing terlihat kotor. kotor dengan pembudiyaan rumput laut. beda dengan pantai Tampah yang terlihat bersih.

si kotor dan si bersih

si kotor dan si bersih

ketika saya melihat pantai ini pertama kali, saya heran kenapa di sisi kanan pantai  terlihat kotor, sedangkan di sisi kiri pantai terlihat bersih. yang  sebelah sini Pantai  Lancing, sebelah sana pantai Tampah, kata salah satu pemancing yang duduk di Gazebo pantai Lancing.

Rumput kering untuk bahan baku atap adat sasak

Rumput kering yang dijual sebagai bahan baku atap adat sasak

tak hanya keindahan pantai berpasir putih dengan warna air laut kebiru-biruan yang kita bisa saksikan di pantai lancing. kita juga bisa menyaksikan perbukitan-perbukitan lancing dan perbukitan-perbukitan tampah. kita seakan merasa berada di dua alam. kawasan pantai dan kawasan perbukitan.

Pantai Tampah relatif lebih bersih

Pantai Tampah relatif lebih bersih

saya masih bercita-cita suatu saat nanti saya ingin menaklukkan berjalan berjalan di sepanjang Pantai Lancing dan Tampah. barangkali dengan berjalan menyusuri pantai Lancing dan Tampah, saya akan menemukan banyak hal tentunya tentang keindahan-keindahan alamnya.  sebagai contoh, saat saya berjalan di sepanjang Pantai Selong Belanak, maka saya mendapat view yang bagus disana. begitu juga ketika saya berjalan di pantai Semeti, saya pun bisa melihat batu-batu seperti planet Kripton.

pantai Tampah

pantai Tampah

4 thoughts on “Lancing dan Tampah, Kebersihan Menjadi Pemisah Dua Pantai ini

  1. eh iya bener2 seperti dipisah gitu bersih dan kotornya.. tapi kalau kotornya kayak bgtu sih ga masalah asal jangan kotor karna sampah plastik aja.. aaaak jd pengeen bgt kelombok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s