Oehala, Air Terjun bertingkat tujuh

Kenangan di Pulau Timor

Oehala, Air Terjun bertingkat tujuh

Selamat datang di Air Terjun Oehala, SoE.

Selamat datang di Air Terjun Oehala, SoE.

Sejenak melupakan kepenatan dan panasnya kota kupang. Kupang sebetulnya dikelilingi oleh pantai. Sebut aja mulai dari pantai Lasiana, Pantai Teddys, pantai Pasir panjang, Pantai Paradiso, Pantai Tenau, Pantai Tablolong, dll. Tidak hanya itu, kupang akan menjadi kota yang indah pada bulan-bulan akhir tahun mulai dari September sampai dengan Desember.

menuruni jalan ke Lokasi Air Terjun

menuruni jalan ke Lokasi Air Terjun

Pada bulan-bulan itu kota kupang seperti kota tokyo di negeri Sakura. bunga-bunga yang biasanya berbunga pada bulan-bulan Desember serentak berbunga. Bunga Flamboyan dan bunga sejenisnya mulai berbunga. Saat itulah kupang benar-benar menjadi kota indah dengan penuh kasih.

Mata kita langsung disambut tangga air terjun Oehala

Mata kita langsung disambut tangga air terjun Oehala

Pada saat kota kupang dipenuhi oleh bunga-bunga yang bersemi. Saat itu juga cuaca kota kupang begitu panasnya. Bahkan Suhunya bisa sampai 42 derajat celcius. Nah saat cuaca yang kurang bersahabat, enaknya jalan-jalan ke pegunungan di daratan timor yaitu kabupaten Timor tengah Selatan (TTS) di SoE. Suhu di SoE beda dengan Kupang yang panas. Suhu disini begitu dingin. Dinginnya pun sangat tajam. Sebaiknya anda menggunakan jaket penghangat jika ingin menginap di SoE.

Oehala Waterfall

Oehala Waterfall

Mari lupakan sejenakkota kasih Kupang. Kali ini saya akan mengajak perjalanan saya ke Air Terjun bertingkat tujuh yang berada di bogor-nya kupang. Nama air terjunnya adalah Air terjun Oehala. Oe dalam bahasa suku timor berarti Air. Air terjun Oehala ini berada di kabupaten TTS. Jaraknya sekitar 100 km dari kota Kupang. Butuh dua jam untuk mencapainya.

Tangga Air terjun Oehala

Tangga Air terjun Oehala

Transportasi yang bisa digunakan adalah Bis antar kabupaten atau travel jurusan SoE. Dari terminal SoE anda bisa menggunakan ojek jurusan air terjun Oehala. Tarif ojeknya sekitar 25.000 pulang pergi. Namun jika anda ingin merasakan dinginnya puncak di pulau Timor ini. Anda bisa menginap di Hotel Bahagia atau Hotel Gajah Mada di SoE. Waktu tempuh dari kota SoE ke lokasi air terjun Oehala hanya 30 menit.

Infrastruktur jalan menuju air terjun Oehala belum terlalu mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat. Begitu juga dengan fasilitas di lokasi air terjun belum begitu memadai. Kamar kecilnya belum begitu memadai.  Anda tidak akan menjumpai Penjual makanan dan minuman di lokasi. Sebaiknya anda membawa bekal makanan sendiri jika mau berwisata ke air terjun Oehala. Air terjun Oehala ini banyak dikunjungi oleh anak-anak muda pada saat hari libur.

Air Terjun Oehala semakin malam. semakin gelap. semakin takut juga. hanya saya yang moto disini

Air Terjun Oehala semakin malam. semakin gelap. semakin takut juga. hanya saya yang moto disini

Saat anda turun menuju lokasi  air terjun Oehala, anda akan mendengar gemuruh air terjun Oehala bertingkat tujuh ini. saya kesini saat menjelang sore hari. Tidak ada pengunjung kecuali saya dan tukang ojek.tukang ojeknya hanya menunggu di lapangan parkir. jadi, hanya saya yang benar-benar menuruni air terjun Oehala. benar-benar sepi dan sendiri. Jam sudah menunjukkan pukul 16.50 Wita.

Airnya begitu deras dan jernih khas mata air pegunungan. Deburan air terjun ini seakan menenangkan kesendirianku. Air terjunnya berbentuk tangga-tangga raksasa yang dibuat oleh alam. Tangga yang Begitu cantik dan ciamik dengan warna kehijau-hijauan. Sambil melihat tangga-tangga, aku ingin berdendang.

menyeruput kopi flores memandangi sunset dari Hotel Gajah Mada

menyeruput kopi flores memandangi sunset dari Hotel Gajah Mada

Sendiri ku di sini. Menatap tangga-tangga langit. Mendengarkan suara gemericik air membasahi jari-jemari.

Sepulang dari air terjun Oehala, sambil menikmati sunset dari lantai dua Hotel Gajah Mada sambil menyeruput kopi hangat khas flores untuk melawan hawa dingin suasana puncak SoE

15 thoughts on “Oehala, Air Terjun bertingkat tujuh

  1. Pingback: Air Terjun Oehala: Wisata Alam Air Terjun 7 Tingkat di Soe, Nusa Tenggara Timur - Travelmate Kamu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s