Pantai Ekas, Kampung Nelayan

Pantai Ekas, Kampung Nelayan (Tourdelotim)

Pantai Ekas itu Emang Indah

Pantai Ekas itu Emang Indah

Pantai Ekas merupakan salah satu pantai yang ingin kami petualangi. termasuk beruntung pantai Ekas bisa dikunjungi oleh kita-kita yang kece abis ini. eh bukannya kita-kita ne yang beruntung bisa berkunjung ke Pantai Ekas.

Lokasi Pantai Ekas berada di Pesisir Selatan Lombok, Desa Pemongkong, Kec. Jerowaru, Lombok Timur. Tujuan Petualangan Kami kali ini adalah ingin menelanjangi pantai-pantai di daerah Jerowaru, Lombok Timur.

Dina, Dwi Yoga dan Dion

Dina, Dwi Yoga dan Dion

Memang, pantai-pantai di Daerah Kecamatan Jerowaru sangatlah menggoda untuk dikunjungi. sebut saja Pantai Tangsi (Pantai Pink) juga berada di daerah jerowaru. ataupun pantai-pantai lain seperti Pantai Surga, Pantai Sungkun, pantai Dagong, Pantai Cemara, Pantai Semerang termasuk red river, Pantai Kaliantan dan Pantai Serewe.

Dari semua pantai yang ada di Kecamatan Jerowaru ini hanya pantai Pantai Tangsi yang sudah saya kunjungi. bahkan saya pernah menulisnya dalam serial pantai Tangsi (silahkan baca disini). nah untuk yang selain Pantai Tangsi itu, saya akan bahas satu per satu di mulai Pantai Ekas ini.

ayo bergaya masing-masing

ayo bergaya masing-masing

pantai Ekas ataupun pantai lain yang sejalur dengan pantai Ekas ini hanya bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. tak ada Bis mini Tujuan Pantai Ekas. hehe. apalagi Busway atau monorel. sebaiknya kita memanfaatkan kecanggihan mbah “Google Map” sebagai penunjuk jalan. tapi jangan salah, tak semua pantai di Ekas dan sekitarnya dikenal oleh mbah Google itu. seperti salah satu teman saya mencoba mengetik Pantai Ekas di Google Map. hasilnya adalah NIHIL

lebih baik menggunakan petunjuk-petunjuk jalan, petunjuk jalan di Lombok Timur ini lumayan lengkap kug. butuh sekitar 2.5 jam untuk menuju pantai Ekas ini.

Dian bergaya

Dian bergaya

Masuk ke dalam kawasan Pantai Ekas seperti masuk Perkampungan Nelayan. tak terlihat bahwa dibalik kampung Nelayan ini, ada Pantai yang indah. Beberapa Nelayan terlihat sibuk merajut jaring-jaring di bawah tenda terbuka. Nelayan yang lain sibuk mengangkat perlengkapan untuk melaut.

suasana hari yang agak mendung tak menghalangi para Nelayan untuk melaut. awan-awan itu tersebar di Langit Ekas, menutupi sinar matahari yang datang. sesekali awan itu membiarkan sinarnya menembus sang Bumi.

Dina dan Perahu

Dina dan Perahu

Pantai Ekas ini berada di kawasan Teluk. Teluk Ekas namanya. saat kita berdiri di Pantai Ekas ini, kita langsung bisa melihat dengan jelas putih bersih pantai yang ada di seberang sana. pantai yang di seberang sana sudah termasuk pantai Kabupaten lain yaitu kabupaten Lombok Tengah. mungkin salah satu pantai yangmenghadap ekas ini adalah Pantai Bumbang dan Pantai Gerupuk

karena berada dikawasan teluk, Gelombang air lautnya begitu tenang. Air Lautnya jernih dengan gradasi biru tocscha-nya. Kawasan Teluk Pantai Ekas dipenuhi perahu-perahu nelayan. profesi Nelayan sudah menjadi mayoritas profesi penduduknya. perahu-perahu yang memenuhi Teluk Ekas mencerminkan profesi penduduknya.

siap2 meninggalkan Kawasan Nelayan

siap2 meninggalkan Kawasan Nelayan

Garis Pantainya Panjang.  sekitar 300 Meter dari tempat saya berdiri, ada pantai yang menjorok ke laut. pantai yang menjorok ke laut terlihat tak ada bekas rerumputan di pantainya, jauh lebih bersih. sayang, rombongan kami harus buru-buru pergi meninggalkan pantai Ekas. kami masih harus menelanjangi pantai yang lain. padahal dalam hati, saya masih ingin berlama-lama, berjalan-jalan di pesisirnya, ngobrol panjang lebar dengan para nelayan.

sang Perahu

sang Perahu

itulah sekelumit catatan saya tentang Pantai Ekas yang penuh warna, membekas dalam fikiran saya, dan temen-teman saya, Dion, Ilul, Dina,  Dewi, dan Dwiyoga. dan tak lupa saya haturkan terima kasih kepada Nelayan yang perahunya sudi diduduki dina hanya untuk sekedar bernarsis ria.

Pantai Ekas. yuk Mari

Pantai Ekas. yuk Mari

mari lanjut berpetualang. The next is pantai Surga.

semua catatan petualangan saya kali ini, saya tulis menggunakan Hp jadul saya. saya menulis di  dalam mobil sewaan saat perjalanan pulang dari Pantai Kaliantan, Lombok Tengah.

5 thoughts on “Pantai Ekas, Kampung Nelayan

  1. Pingback: Jelajahi Pantai Pantai Di Lombok Timur Ini Dan Kamu Akan Semakin Cinta Pada Tanah Indonesia | tekOOO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s