Air Terjun Pelangi itu bernama Tiu Teja

Air Terjun Pelangi itu bernama Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja emang ajibbb

Air Terjun Tiu Teja emang ajibbb

Hari Minggu tanggal 1 Desember 2013 saya ada dua acara jalan-jalan. dua-duanya sangat bertolak belakang. acara yang pertama mau snorkeling dengan Lombok Backpacker di perairan tiga gili yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. sebuah tawaran yang cukup menarik. dan saya sebetulnya memang ingin snorkeling di tiga gili tersebut. apalagi hari ini biaya kapalnya gratis.

batu-batu Tiu Teja

batu-batu Tiu Teja

acara yang kedua adalah jalan-jalan ke Gunung  Air Terjun Tiu Teja, di Kaki Gunung Rinjani. saya memutuskan untuk tetap pergi ke Air Terjun Tiu Teja dengan banyak alasan tentunya. yang pertama adalah saya sudah komitmen dengan teman saya andri untuk touring ke Air Terjun Tiu Teja. yang kedua adalah saya tak punya alat snorkeling. buat apa saya ikut rombongan snorkeling kalau saya tidak punya alat snorkelingnya. sedangkan teman Lombok Backpacker yang ber 11 itu sudah memiliki alat snorkeling. ya itulah alasan saya tetap memilih Air Terjun Tiu Teja.

hijaunya rumput di Air Terjun Tiu Teja

hijaunya rumput di Air Terjun Tiu Teja

saya mendengar Air Terjun Tiu Teja pada saat saya pergi ke Air Terjun Sendang Gila dan Tiu Kelep. di antara tiga air terjun itu hanya air terjun Tiu Teja yang belum saya kunjungi. Tiu Teja berasal dari bahasa sasak yang artinya Air Terjun Pelangi. Tiu (Air Terjun), Teja (Pelangi)

awalnya, yang akan berangkat ke Air Terjun Tiu Teja bertiga. tapi Adam tiba-tiba membatalkan. kami berangkat jam 07.15 dengan melalui jalur kawasan wisata pegunungan wisata Pusuk. sekalian mau nemuin kera-kera di Pusuk. eh pas di masuk kawasan pusuk, kera-kera itu benar berseliweran di pinggir jalan. bahkan duduk di tengah jalan raya. untung pas motor saya lewat, tuh kera mau minggir. kalau ngak minggir yaaa bisa kena tabrak.

Lanscape Tiu Teja

Lanscape Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja berada di kawasan Kaki Gunung Rinjani, Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. waktu yang dimakan (dimakan emangnya makanan) oleh Tiu Teja sekitar 2 jam untuk menempuh jarak sejauh 86 Km. 2 Km sisanya jalannya hanya bisa dilalui Sepeda motor. so, bagi yang ingin ke air Terjun Tiu Teja lebih baik menggunakan sepeda motor. kalau mau pake mobil siap-siap jalan sejauh 2 Km. gempor gempor deh.

Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja

saat sudah memasuki kawasan Tiu Teja, saya langsung disuguhi pohon-pohon cacau di samping kanan kiri jalan. sayang, pohon coklat itu kurang terpelihara dengan baik. bahkan buah coklatnya ada yang sudah menguning dan ada juga buah sudah mengering di tanah. sebetulnya sih udah mau nyampe. dasar kitanya ngak tau jalan. akhirnya, nanya deh ama tuh kakek yang hendak mau ke kebun. alamak.. tuh kakek hanya tau bahasa sasak. ya udah akhirnya kita pake bahasa isyarat deh. tapi lumayan juga akhirnya ngerti juga apa maksudnya.

yukkk kita naikk

yukkk kita naikk ampe gempor

alhamdulillah jalannya baru aja selesai dibangun tapi lumayan cukup curam sih. suara air terjun sih ngak terlalu terdengar dari atas. jadi agak setengah ragu. keep fighting-semangat. eh setelah berjalan 15 menit akhirnya tuh air terjun nongol juga.

keren neh air terjun. air terjun lumayan deras dan tinggi. tingginya sekitar 20 km. neh air terjun benar-benar sepi. tak ada orang sama sekali. hanya saya dan andri. jadi, kami lebih leluasa untuk explore air terjun Tiu Teja.

Narsis dulu

Narsis dulu

air terjun Tiu Teja ini bisa dikatakan sebagai air terjun kembar. benar-benar ajib ne air terjun. inilah air terjun yang berada di kaki gunung Rinjani. kalau di kaki gunung Rinjani aja air terjun seperti ini. apalagi di kepala Gunung Rinjani yach. kita benar-benar yang menguasai air terjun Tiu Teja. tak ada pengunjung lain. mungkin karena medan ke air terjun Tiu Teja yang cukup susah, sehingga pengunjung males males yang mau kesini. padahal seandainya mau bersusah payah sedikit, bisa mendapatkan ajibnya air terjun Tiu Teja.

Air Terjun Tiu Teja emang bener2 adem n ajib

Air Terjun Tiu Teja emang bener2 adem n ajib

hampir sekitar 2 jam saya berada di air terjun ini, tak ada seorang yang datang. selama dua jam itu, saya dan andri hanya menghabiskan waktu untuk moto-moto air terjun tak ada yang lain. bahkan untuk mandi di air terjun pun tidak. jam sudah menunjukkan pukul 11.00. cukup puas saya berada di air terjun ini. kami pun sudah siap-siap untuk naik. eh saat hendak mau pergi, beberapa pengunjung datang. ada 5 orang.

akhirnya, ku coba tanyain dari mana mereka. kami berasal dari kampung sebelah, kata salah satu dari mereka. dan tujuan mereka ke sini hanya satu yaitu Mandi.

Pintu Gerbang ke Tiu Teja

Pintu Gerbang ke Tiu Teja

perjuangan saya lebih berat. kalau tadi berangkatnya menurun, maka sekarang adalah menanjak. lumayan bikin gempor. terpaksa saya dan andri harus dua kali berhenti dan meneguk minuman yang sudah kami bawa sebelumnya. kaki lunglai, mata mulai berkunang-kunang, mulut mulai berbusa. akhirnya kami berdua puas setelah tiba di atas. kami pun bertemu dengan 3 pengunjung. saya pun penasaran ingin asalnya dari mana dan mau kemana?,. benar sesuai perkiraanku, mereka berasal dari kampung di sini yang juga ingin mandi.

catatan :

  1. lebih baik menggunakan sepeda motor. hampir sekitar 2 km, jalan masuk ke Tiu Teja hanya bisa dilewati oleh sepeda motor.
  2. Air Terjun  Tiu Teja berarti Air Terjun Pelangi. dari mana asal usul nama itu yach. mungkin kalau Tiu Kelep disebut sebagai Air Terjun Pelangi sangat cocok. karena saya menyaksikan sendiri pelangi-pelangi itu menari-nari di pusaran air terjun Tiu Kelep. sedangkan di Tiu Teja, saya tidak menyaksikan pelangi-pelangi sama sekali.

 

15 thoughts on “Air Terjun Pelangi itu bernama Tiu Teja

    • wahhhh sekitar 1 jam lah dari Tiu Kelep. kalau dari arah mataram, Tiu Kelep lurus jurusan Bayan. nah Kalo Tiu Teja Belok kanan jurusan santong..ya ngak jauh2 amat dari Tiu Kelep tapi medannya agak susah tuh mas cummmmmm..kita ngak ngapa2in kug. #pura-pura polos hehhee…awas ya ntar tak tarik kolornya tuh hehe

  1. Saya cuman pernah ke Sendang Gile aja, mau ke tiu kelep dah ke sorean padahal cuman tetanggaan sebelah yah, kok kayaknya pernah liat gatenya yah yg Tiu Teja itu, apa di lewati yah klo ke Sendang Gile ?….Ajak-ajak dunk klo ke Tiu Teja lagi, daripada cuman berdoa aja, saya siap jadi model obyek fotonya he…he…he

    • wahhhhh udah ke Sendang Gile tapi tak mampir ke Tiu Kelep. itu berarti termsuk orang-orang yang merugi..pokoe untuk air terjun Tiu Kelep dan Benang Kelambu yang paling juara di Lombok ini. wajib dah kesna.Tiu Teja beda jalur dengan yang Sendang Gile. Tiu Teja ada di daerah santong. waduh ke Tiu Teja. kalau musim hujan ngak dulu deh..soale ada 2 Km yang jalurnya lumayan susah krn masih tanah liat dan menenjak. kalo cuma jadi Model mah gampang bisa diatur..hehe

Leave a Reply

