Tanjung Ringgit Memang Ajibbbb

Tidur Santai sambil membaca buku Pemuda Sang Penakluk Romawi

Tidur Santai sambil membaca buku Pemuda Sang Penakluk Romawi

Bersantai Ria di Tanjung Ringgit

Ku duduk bersandar pada tas memandangi keindahan Tanjung Ringgit yang langitnya diselimuti awan putih.

ku tidur santai berbantalkan tas sambil membaca sebuah buku Sang Penakluk Romawi yang masih berusia 21 tahun.

ku berjalan menyusuri tebing-tebing curam Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit lebih dekat

Tanjung Ringgit lebih dekat

Rasa Penasaran saya terhadap Tanjung Ringgit akhirnya terobati saat ada ajakan ke Tanjung Ringgit di Group WhattApp Lombok Backpacker. Tanjung Ringgit yang berada di Desa Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur seakan menghipnotis saya. Lokasinya berdampingan dengan Pantai Tangsi “Pantai Pink”. hanya butuh 10 menit dari Pantai berwarna Pink itu. Butuh kurang lebih dua jam untuk tiba di Tanjung Ringgit ini.

Laut Tanjung Ringgit

Laut Tanjung Ringgit

10 Km terakhir, kita harus menempuh jalan-jalan yang bergelombang dengan waktu sekitar 30 menit. Jalan ini merupakan jalan penyiksaan menuju Surga Tanjung Ringgit dan Pantai Pink.

Musim Hujan pun tak menyurutkan langkah Tim Lombok Backpacker untuk menjelahi Lombok Timur bagian selatan itu. bahkan saat hendak mau berangkat pun langit Lombok dipenuhi oleh awan putih dan hujan gerimis. Langit seperti telah melakukan konspirasi dengan awan agar kita tak jadi berangkat ke Tanjung Ringgit. tapi, akhirnya awan itu melakukan konspirasi dengan kami sehingga air hujan cepet mereda.

pohon dan dedaunan di bibir tebing Tanjung Ringgit

pohon dan dedaunan di bibir tebing Tanjung Ringgit

Siang Itu, jam 11.23 Wita Tim Lombok Backpacker tiba di Tanjung Ringgit. Siang itu, desiran angin Laut pantai selatan hinggap di dedaunan. Tanjung Ringgit dengan Tebing-tebingnya menahan hantaman Ombak Laut Samudra Hindia. Ku meliat ke sekeliling Tanjung Ringgit. tak ada seorang pun. hanya tebing-tebing Tanjung Ringgit yang selalu setia menahan Ombak itu. Ku liat Langit Tanjung Ringgit yang diselimuti awan-awan putih seakan hendak menumpahkan hujan lebat. awan-awan itu yang menemani perjalanan kami.

Lengkungan Tebing Tanjung Ringgit

Lengkungan Tebing Tanjung Ringgit

Ku liat sekali lagi tebing-tebing Tanjung Ringgit yang mempesona. ku coba mendekat. ku coba mendekat lagi dengan berpegangan pada sebuah pohon yang tepat berada di pinggir tebing. “Dir, awas hati-hati,” kata salah seorang temen yang menegurku. ku terpaku melihat melihat tebing-tebing Tanjung Ringgit itu yang berada di pesisir selatan Lombok ini. aku pun berjalan menyisiri tebing-tebing itu,  menikmati keindahan-keindahan Tanjung Ringgit dan tebing-tebing curamnya.

Persahabatan Tim Lombok Backpacker di Tanjung Ringgit

Persahabatan Tim Lombok Backpacker di Tanjung Ringgit

Ku liat lagi langit yang diselimuti awan-awan itu. berharap awan itu menyingkir membiarkan sinar mentari menyinari keindahan Laut di Tanjung Ringgit. awan itu seakan tak mau beranjak meninggalkan Tanjung Ringgit. Suasana Tanjung Ringgit siang hari laksana pagi hari. begitu adem dan tenang. ku coba untuk menidurkan badan dengan berbantalkan tas backpack yang ku bawa. ku tidur santai sambil membaca buku “ Muhammad Al Fatih 1453” yang berhasil menaklukkan Konstantinopel pada usia 21 Tahun. “Sebaik-baik pemimpin adalah pemimpinnya, sebaik-baik pasukan adalah pasukannya.” begitu salah satu isi buku itu.

duduk santai di Tanjung  Ringgit

duduk santai di Tanjung Ringgit

ku baca sambil merasakan desiran angin Tanjung Ringgit, mendengar ombak-ombak yang menghantam Tebing yang curam. ku baca sambil melihat Indahnya Tanjung Ringgit yang penuh pesona. Subhanallah. ku hanya ingin mengucap syukur menikmati keindahan alam yang tersaji.

mbak rahma berpose

mbak rahma berpose

ku mencoba duduk memandangi warna laut dengan biru dan biru toschanya. Duh sepertinya asik snorkeling ria di bawah sana, batinku.  Nyaliku langsung nyiut seketika melihat keganasan ombak-ombak itu. biarlah, saya melihat keindahan-keindahan taman laut Tanjung Ringgit lewat tebing-tebingnya saja, pikirku.

Lompatan sapa yang tertinggi

Lompatan sapa yang tertinggi

ku berjalan lagi ke sekeliling Tanjung Ringgit. Meriam  Jepang yang berada tak jauh dari Tanjung Ringgit itu. Lokasi Tanjung Ringgit yang strategis membuat Jepang tertarik untuk menjadikan Tanjung Ringgit  sebagai wilayah pertahanan. menurut informasi yang saya dapatkan dari penduduk sekitar Tanjung Ringgit. Tanjung Ringgit juga memiliki Goa Raksasa dan Sumur Air Tawar. Goa Raksasa itu bermuara Sumur Air Tawar yang berada di bawah tebing.

Adanya Goa, sumber air tawar, dan tebing-tebing yang curam menjadikan Tanjung Ringgit sangat cocok sebagai pertahanan perang.

Tamu Tim Lombok Backpacker saat di Tanjung Ringgit

Tamu Tim Lombok Backpacker saat di Tanjung Ringgit

saya sendiri  masih penasaran dengan Goa dan sumur  air tawar yang berada di pinggir pantai itu. ingin membuktikan bahwa airnya benar-benar tawar . Saya ingin kembali ke Tanjung Ringgit, ingin nge-camp disini menyaksikan sunrise yang keluar dari ujung Tanjung Ringgit dengan latar Gunung Rinjani dan Pulau Sumbawa.

Kerbau-kerbau Tanjung Ringgit

Kerbau-kerbau Tanjung Ringgit

Dalam derap langkahku meninggalkan Tanjung Ringgit, ku melihat kerbau-kerbau yang dibiarkan bebas oleh pemiliknya. Tanjung Ringgit memang ajibbb. I wonna come back.

Tebing Tanjung Ringgit sebelah kiri

Tebing Tanjung Ringgit sebelah kiri

tebing Tanjung Ringgit

tebing Tanjung Ringgit

Follow twitter kami @caderabdulpaker

52 thoughts on “Tanjung Ringgit Memang Ajibbbb

    • yaaaa cakep secakep mas cumi dah hahaha…yaa kalau panas pasti juara banget lah juaranya..maaf saya sudah melakukan konspirasi dengan awan Tanjung Ringgit so tetep adem deh..bahkan bisa tiduran santai sambil baca buku di pinggir tebingnya…hehe

    • yaah mercusuarnya sekarang wis roboh…penasaran akuw…wahhh untuk kali ini saya salut atas keberanian mas fahmi untuk camping disni…terima kasih tips campingnya (minta jagain bapak2). perlu dicontoh neh..meluncur ke blognya akh liat sunrisenya hehe

    • yaaa kalau lagi mendung bisa menyejukkan mata tapi kalao lagi panas terik bisa bikin gosong…tapi jangan khawatir deket tebing Tanjung Ringgit ada pohon satu-satunya yg cocok untuk berteduh..ayo jangan ketinggalan

    • Belum nemu mas bek…asikk tuh kalau Loncat tapi ngak yakin bisa selamat….takutnya ngambang terus mas bek…hehe..Kapan-kapan dah perlu nyoba snorkling haha…sepertinya asik tapi takut ma ombak pantai Selatannya..ihir..

    • mau juga dunk…hahaha ke Tanjung Ringgit Transportasinya ngak ada kawan..ya mau tidak mau harus rental mobil or naek motor. di sini juga tak ada penginapan. Tanjung Ringgit ini sejalur dengan Pantai Pink dan Tanjung Bloam. nah di Pantai Pink ini ada rumah penduduk, sedangkan di Tanjung Bloam ada penginapan private Jeeva Bloam-tarifnya lumayan agak mahal.

  1. Pantainya cakep ih, kelihatan tennag gitu. Foto terakhir mirip tebing-tebing di jajaran pantai selatan Jogja. Bedanya disana ombaknya gede. Ebetewe poto pertama bikin senyum. Saya kalo ke pantai mentok juga cuma gelar mantel, baca buku, kalo terllau nyaman akhirnya tidur beneran hahaha. Berhubung anak dataran tinggi seringnya jadi bego kalo diajakin piknik ke pantai🙂

    • iiih bukan tenang iih…ombaknya sama-sama gede dengan yang pantai selatan Jogja. Tanjung Ringgit ini juga berlokasi di pantai selatan Lombok dan berbatasan langsung dengan samudra Hindia.. waduhhhh gila bener di pantai ampe ngiler segala…hehe…saya hanya sampai sebatas gelar tiker n baca buku deh hehe…bisa dicontoh tuh gelar tiker, baca buku trus ketiduran deh hehe…

    • ehhhhh jangan salah mbak… disini ada satu pohon yang cukup untuk berteduh…so bisa kan.. makan2 cantik gitue..ayo ayo ke sana pasti ngak rugi deh…akh cumi ada2 aja…pastinya pantai panas semua haha..tapi kan disini ada pohonnya..pohon surga namanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s