Tanjung Aan, Pemisah dua Pantai Tanjung Aan (Tour de Lombok Tengah 3)

Pantai Tanjung Aan dengan Tepung Pasinya

Pantai Tanjung Aan dengan Tepung Pasinya

Ini lah perjalanan saya yang terakhir di Lombok Tengah bersama dengan kawan-kawan saya. Yups kami akan meluncur menuju pantai Tanjung Aan. Setelah kami bertanya dengan orang-orang di Kuta. Kami pun segera meluncur dengan mobil sewaan harian.

Tidak terlalu mahal. Dari kuta kami melewati mandalika resort. Kami pun terus melanjutkan perjalanan. Eh ternyata ada bunderan yang memiliki banyak jalur. Kami pun bingung jalur yang mana kami yang akan mengantarkan kami ke Tanjung Aan. untuk meyakinkan bahwa arah kami benar, kami bertanya-tanya ke orang kampung yang ada di sekitar bunderan.

Pantai Sisi Kiri Tanjung Aan

Pantai Sisi Kiri Tanjung Aan

Kami pun melanjutkan perjalanan lagi, tidak lama ada petunjuk menuju pantai Seger. Kami pun masuk menuju pantai Seger. eh saat hendak masuk ke pantai seger, ternyata kami harus membayar ke kawasan pantai seger. kami pun tidak jadi masuk ke pantai Seger dan kami berbalik arah lagi untuk melanjutkan ke pantai tanjung Aan.

Eh setelah berkali-kali kami selalu salah masuk. akhirnya kami pun sampai di pantai Tanjung Aan. di pinggir jalan tertulis arah ke pantai “Tanjung Aan”. kami pun masuk. pantainya begitu nampak sepi di kawasan ini. lebih sepi dari kawasan pantai mawun.

Saya mengira mungkin karena sudah sore, maka orang-orang sudah pulang dari pantai. Pantai di sini begitu putih tapi kurang terawat. Masuk kawasan ini pun tidak perlu bayar. Kami hanya membayar uang jasa parkir. saya hanya melihat dua orang turis yang sedang melakukan sandbathing.

sepasang Turis sedang Sandbathing di pantai Tanjung Aan

sepasang Turis sedang Sandbathing di pantai Tanjung Aan

Pantai di tanjung Aan dipisah menjadi dua bagian hampir sama rata oleh daratan yang menjorok ke laut. daratan itu namanya Tanjung Aan. kalau kita menghadap ke timur, kita akan langsung menghadap ke Samudra Hindia. Jika kita menghadap ke arah barat, maka kita melihat dua pantai dengan sisi yang berbeda.

Yang sisi kiri warna pasirnya putih dan halus, orang sering menyebutnya dengan pasir tepung sedangkan yang sisi kanan warna pasirnya lebih ke kuning-kuningan dan lebih kasar, bentuk seperti merica, sehingga orang menyebutnya dengan pasir merica.

Pantai Sisi Kanan Tanjung Aan

Pantai Sisi Kanan Tanjung Aan

Yaaa begitu lah sekilas tentang pantai Tanjung Aan. dan ternyata perjalanan di Tanjung Aan bukan perjalanan terakhir, melainkan kami akan melanjutkan perjalanan lagi ke Batu Payung.. simak tulisan saya yang selanjutnya.

Nah saya coba kasih tips lain jika anda berkunjung ke kawasan Tanjung Aan dan sekitarnya.

  1. Hati-hati dengan penjual di sini, bukan kenapa-kenapa, tapi mereka biasanya suka memaksa.
  2. Jika ada penjual mendekati anda, maka penjual lainnya akan ikut mengerubungi anda untuk menawarkan barang yang sama atau mirip dengan penjual yang pertama. Bahkan pernah tamu yang saya antar ke sini, dikerubungi oleh enam penjual. Ngak kebayangkan.hehe
  3. Kalau anda memang suka berbagi dengan sesama. Silahkan anda beli ke semua penjual itu. Jadi ngak hanya memborong di satu penjual. Semoga perjalanan anda menyenangkan.

(Cad/bersambung)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s